Foto: Rumah123/iStock
   

Hasil survei situs properti, iProperty.com, beberapa waktu silam, menyebut bahwa rumah tinggal menjadi sasaran utama pembeli rumah di Indonesia. Para pembeli ini berharap harga rumah yang terjangkau. Tren rumah berharga terjangkau ini diyakini akan bertahan hingga beberapa tahun ke depan.

Buat kamu yang penghasilan per bulannya gak tinggi, sehingga belum juga kebeli rumah, pastinya berharap ada tawaran oke. Saat ini banyak bank yang menawarkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan suku bunga ringan dan pihak pengembang pun membangun rumah yang berharga terjangkau.

Baca juga: Duit THR Bisa Jadi Rumah? Cuma Selama Juni 2018 Ini Aja Lho!

Nah, sebenarnya gimana sih cara mendapatkan penawaran KPR dan rumah berharga terjangkau itu?

Tentukan Target Rumah yang Mau Dibeli

Setiap bank punya program KPR murah dan ada rumah murah yang disediakan para pengembang. Masalahnya, rumah seperti apa yang kamu mau? Apakah kamu pengen rumah baru atau rumah seken? Di mana pilihan lokasinya? Berapa besar kesanggupan kamu mencicil angsurannya? Pokoknya, kamu harus tentukan dulu target rumah yang kamu ingin beli.

Tanya pada Ahlinya

Tanyakan dan konsultasikan kepada orang terdekat mengenai kredit rumah. Cari referensi melaui internet, program dari bank yang berkaitan dengan kredit rumah murah. Cari tahu tentang bagaimana dan di mana kamu bisa memilih rumah dengan angsuran sesuai kesanggupanmu.

Baca juga: Rumah Murah Rp130 Jutaan di Daerah Berpotensi Cerah

DP Bisa Dicicil Juga

Cari rumah yang uang mukanya bisa dicicil juga, selain seluruh pembayarannya bisa dicicil per bulannya.

Cermati Bank Pemberi KPR

Perhatikan dan cari informasi sejelasnya mengenai bank yang bisa memberikan KPR murah. Pastikan kamu memilih bank tepercaya mengenai kredit rumah murah. Perlu juga kamu mendapatkan testimoni dari pengguna jasa bank tersebut. Cari tahu aja melalui internet ataupun dari komunitas atau forum.

Melibatkan Agen Properti

Kontak agen properti terdekat untuk menanyakan rumah yang sesuai dengan selera dan anggaran yang kamu miliki. Jika kamu baru pertama kali menggunakan jasa agen properti, bisa tanya ke kenalan, teman, atau tetangga, untuk mendapatan kenalan agen yang tepercaya.

Baca juga: Ada 2.000 Unit Rumah Murah Siap Dibangun, Jangan Sampe Gak Kebagian!

Cicilan Jangan di Luar Batas Kemampuan

Jangan memaksakan diri untuk memilih rumah dengan angsuran di luar kemampuan finansial atau penghasilanmu. Pilih rumah yang sesuai bujet, jangan lupakan bahwa targetmu bukan hanya memilih rumah, tapi juga kredit rumah murah.

Kalau Memilih Rumah di Lokasi Pedalaman

Kalau pilihan rumahmu di lokasi pedalaman atau bukan komplek perumahan, usahakan untuk membelinya juga dengan cara mengangsur (melalui bantuan pihak bank pemberi KPR). Pilih rumah yang memiliki jalur atau akses yang mudah dan cepat, serta dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Kalau kamu memilih rumah dengan akses yang sulit dijangkau tentunya akan menambah pengeluaran per bulan. Hal ini bisa jadi beban baru karena nominalnya mungkin aja gak sedikit. Setidaknya pilihlah rumah yang berlokasi dekat dengan rumah sakit, sekolah anak, dan instansi keamanan yang tepercaya.

*

Bagikan: 2032 kali