Foto: Rumah123/iStock
   

Kamu mau beli rumah pake Kredit Pemilikan Rumah (KPR)? Udah tau belum bahwa KPR itu ada macamnya. Untuk memilih yang cocok buat kamu, ya kamu harus tau dulu apa aja jenis-jenis KPR yang ada.

Berikut ini ragam KPR yang dapat jadi rujukan kamu:

Berdasarkan agunan:

KPR Pembelian: KPR yang menggunakan rumah yang akan dibeli sebagai agunannya.

KPR Multiguna atau KPR Refinancing: KPR yang menggunakan rumah yang sudah dimiliki sebagai agunannya.

Baca juga: Kalau Kamu Atlet, BTN Kasih KPR Khusus Nih! Jangan Lewatkan!

 Berdasarkan persyaratan penerima KPR dan tingkat suku bunga:

 KPR Bersubsidi:

KPR yang difasilitasi pihak bank sebagai bagian dari program pemerintah atau BPJS untuk kamu yang masih berpenghasilan minim. Subsidi diberikan untuk suku bunga kredit dan uang muka rumah.

KPR Konvensional (KPR Non-Subsidi):

Produk KPR yang disediakan oleh perbankan dengan persyaratan yang mengikuti ketentuan umum dengan tingkat suku bunga reguler yang ditetapkan oleh bank yang bersangkutan. Bisa saja suku bunga antarbank berbeda. Kamu harus jeli untuk mendapatkan suku bunga yang termurah.

Baca juga: Dengan KPR Subsidi Selisih Bunga, Suku Bunga Tetap 5% Selama 20 Tahun, Mau?

KPR Syariah:

KPR jenis ini tidak jauh berbeda dengan KPR nonsubsidi, tapi cara transaksinya menggunakan prinsip akad murabahah (jual-beli) atau musyarakah mutanaqishah (kerja sama sewa). Sejumlah bank baik milik pemerintah maupun swasta telah memiliki produk KPR Syariah. Kalau kamu lebih sreg dengan jenis KPR ini, bisa jadi pilihanmu untuk pembiayaan rumah yang kamu ingin beli.

Baca juga: Yuk, Pilih KPR Syariah!

Inhouse KPR:

Istilah ini dipergunakan oleh sebagian orang untuk membedakan antara KPR produk lembaga keuangan dan KPR internal yang disediakan oleh pengembang. Jenis KPR ini sebetulnya adalah nama lain dari pembelian properti dengan cicilan bertahap sebagai fasilitas yang disediakan oleh pengembang.

Bagikan: 1639 kali