BTN adalah bank pelat merah yang akan memberikan KPR bagi 30% MBR yang membeli rusunami TOD di Stasiun pondok Cina, Depok. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Deretan umbul-umbul bank pelat merah menghiasi Stasiun Pondok Cina seiring acara peletakan batu pertama hunian dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) Depok. Sebenarnya, bank manakah yang melayani kredit untuk hunian di sini?

Ditemui di sela-sela acara, Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono mengatakan, pihaknya dipercaya sebagai bank penyalur kredit tersebut. “Khusus untuk hunian yang diperuntukkan bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), harus melalui BTN,” kata Maryono kepada Rumah123 di Stasiun Pondok Cina, Depok, Senin (2/10) siang.

Baca juga: Susul Tanjung Barat, Perumnas Resmikan TOD Stasiun Pondok Cina

Hal yang sama juga diterapkan pada proyek TOD Stasiun Tanjung Barat. Meski demikian, Maryono mengakui proses kredit belum berjalan sepenuhnya. “Karena proyeknmya juga baru dibangun, aplikasi belum ada yang dikirimkan ke pihak BTN,” ujar mantan Direktur Bank Mutiara ini.

Kalau untuk anami (Apartemen Sederhana Milik) yang bukan dikhususkan untuk MBR, lanjut Maryono, juga bisa mengajukan kredit ke bank pelat merah lainnya. “Jadi setidaknya 30 persen dari jumlah unit di proyek ini akan menggunakan kredit dari kami.”

Baca juga: TOD Depok Lebih Murah Dibanding Tanjung Barat, Beli?

Keempat tower tersebut terdiri atas 3.693 unit hunian di atas lahan seluas 27.706 meter persegi. Sekitar 30 persen dari unit yang tersedia khusus diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (BPR). Perumnas merogoh kocek hingga mencapai Rp1,45 triliun sebagai investasi di proyek ini.

Seperti diketahui, pemerintah terus menggenjot pembangunan hunian terjangkau guna mengatasi backlog perumahan. Selain Pondok Cina, sebelumnya Perumnas bersama PT KAI juga telah meresmikan TOD di Stasiun Tanjung Barat. Setelah Pondok Cina, menyusul TOD di Stasiun Bogor.

 
Bagikan:
2072 kali