kpr tapera Sumber: Bisnis.com

KPR Tapera atau Tabungan Perumahan Rakyat merupakan salah satu program pemerintah yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan perumahan murah.

Salah satu target dari nasabah KPR Tapera adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bisa menikmati program ini untuk membeli hunian mereka.

Untuk diketahui, KPR Tapera merupakan program inisiasi dari BP Tapera yang bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) dan Perum Perumnas untuk mempermudah rumah rakyat.

“Pada proyek inisiasi ini, kami menargetkan ada 11,000 unit rumah yang dibiayai oleh KPR Tapera. Untuk tahap pertama, proyek inisiasi akan ditujukan bagi peserta awal BP Tapera yakni para ASN” ungkap Komisioner BP Tapera Adi Setianto.

Ada beberapa fakta menarik mengenai program Tapera yang ditujukan untuk ASN di seluruh Indonesia berikut ini : 

1. Harga Rumah yang Bisa Dimiliki Maksimal Rp292 Juta 

Akan tetap, ada sejumlah persyaratan bagi ASN atau PNS yang ingin mengajukan KPR Tapera.

Dalam hal ini, PNS tentunya harus belum memiliki hunian dan menjadi peserta aktif Tapera dan lancar membayar simpanan peserta selama 12 bulan.

Lalu, harga rumah yang dapat dimiliki oleh peserta Tapera adalah mulai Rp112 jutaan dan maksimal Rp292 jutaan.

2. Bunga Flat Hingga 30 Tahun 

Terkait dengan besaran bunga dan skema pembiayaannya dibuat beragam dan disesuaikan dengan kelompok penghasilan.

Menurut Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo terdapat 3 skema pembiayaan KPR Tapera sesuai kelompok penghasilan tersebut.

Untuk Kelompok Penghasilan I dengan penghasilan kurang dari Rp4 juta akan memperoleh suku bunga KPR sebesar 5% tetap selama 30 tahun.

Pada Kelompok Penghasilan II dengan rentang penghasilan Rp4 juta sampai Rp6 juta, maka memperoleh suku bunga yang ditetapkan senilai 6% dengan tenor sampai 20 tahun.

Kemudian, kelompok penghasilan III dengan penghasilan Rp6 juta sampai Rp8 juta dapat mengakses KPR dengan bunga 7% tetap selama 20 tahun.

Dalam memperoleh akses KPR Tapera, masyarakat diwajibkan untuk memenuhi ketentuan dan persyaratan pembiayaan Tapera, termasuk peserta dalam golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

3. Lokasi Perumahan KPR Tapera 

Untuk tahap perdana KPR Tapera, Perum Perumnas akan menyiapkan proyek perumahan di kota Lampung dengan nama Samesta Pesawaran Residence.

Rumah yang dibangun tidak sekadar murah, menurut Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro memastikan unit rumah yang dibangun untuk segmen menengah bawah ini memiliki nilai tambah yang dapat menunjang kebutuhan sehari-hari.

Adapun, perumahan ini nantinya juga memiliki konsep hunian berbasis TOD yang terintegrasi langsung dengan transportasi massal.

Setelah proyek Samesta Pesawaran Residence, program KPR Tapera juga meliputi beberapa proyek seperti Samesta Dramaga Bogor, Samesta Pasadana Bandung, Samesta Griya Martubung Medan dan lainnya.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai program Tapera sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan rumah idaman.

Temukan referensi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123

"Berencana untuk cari rumah? Kamu bisa cek Kota Baru Parahyangan selengkapnya."

Bagikan:
443 kali