Saat ini, membeli rumah secara kredit melalui program KPR rumah kerap menjadi pilihan. Gak heran, harga rumah yang gak murah menjadi alasan mengapa orang lebih memilih untuk kredit rumah ketimbang melunasinya dalam satu waktu.

Namun, perlu diketahui juga bahwa pengajuan KPR rumah belum tentu selalu berjalan mulus. Gak jarang bank terpaksa menolak pengajuan KPR nasabah karena satu dan lain hal. Lalu, bagaimana jika kamu menjadi salah satu yang kurang beruntung? Gak perlu panik, ini yang harus kamu lakukan ketika KPR ditolak bank.

Ketahui dulu penyebab KPR-mu ditolak

kpr ditolak - rumah123.com

Ada banyak sekali alasan yang mendasari bank menolak pengajuan KPR seseorang. Berangkat dari penyebab tersebut, kamu pun bisa mulai membenahi diri dan memenuhi persyaratan yang diberikan bank, hingga akhirnya kembali mengajukan KPR.

Cari rumah di lokasi yang lebih ideal

Metland- Rumah123.com

Seringkali KPR ditolak karena rumah sulit diakses mobil. Kondisi lingkungan rumah, bisa berpengaruh besar terhadap keputusan bank ketika menyetujui atau menolak pengajuan KPR nasabah.

Apabila rumah yang hendak dibeli berada dalam gang sempit dan sulit diakses mobil, biasanya bank akan enggan untuk mengucurkan kreditnya. Jika kamu benar-benar memerlukan bantuan KPR, maka sebaiknya carilah rumah lain di lokasi yang lebih ideal.

Perbaiki riwayat kredit di BI Checking

Setiap bank pastinya akan mengecek skor kredit calon nasabah terlebih dahulu melalui BI Checking (sekarang SID OJK) sebelum memberikan kredit. Fitur ini digunakan bank untuk menilai kelayakan kredit nasabah. Ketika hasil BI Checking buruk, maka bank nggak akan menyetujui pengajuanmu.

Solusinya, pastikan bahwa kamu memiliki riwayat kredit yang baik. Lunasi seluruh tunggakan cicilan. Jika kamu sudah melunasinya, bawa surat klarifikasi dari bank yang menunjukkan bahwa kamu sudah menuntaskan kewajiban kredit.

Baca juga: Mengenal Seluk Beluk Properti Syariah: Ciri Khas, Sistem KPR, Hingga Developer Syariah

Untuk karyawan kontrak, pilih bank yang tidak mempermasalahkan status pekerjaan

kpr ditolak - rumah123.com

Status karyawan kontrak atau pegawai lepas biasanya membuat bank ragu untuk memberikan pinjaman, karena khawatir nasabah mengalami gagal bayar atau kredit macet. Maka dari itu, gak sedikit bank yang langsung menolak nasabah yang tidak berstatus sebagai karyawan tetap.

Tapi jangan putus harapan, kamu para pegawai kontrak juga bisa kok mendapatkan KPR. Masih ada bank di luar sana yang tidak mempermasalahkan status pekerjaan nasabahnya. Untuk itu, kamu harus lebih jeli mencarinya.

Komunikasikan dengan pihak kantor bahwa kamu sedang mengajukan KPR ke bank

kpr ditolak - rumah123.com

Bank biasanya akan melakukan survei di tempat kerja nasabah, dengan menghubungi pihak HRD di mana nasabah bekerja melalui telepon. Mungkin hal ini terkesan sepele bagi sebagian orang. Namun, gak sedikit pula yang ditolak pengajuannya hanya karena pihak HRD tidak mengangkat telepon dari bank. Sayang sekali kan?

Baca juga: Dengan KPR Milenial, Anak Muda Masih Punya Harapan untuk Beli Rumah

Evaluasi diri dan tunggu waktu yang tepat untuk mengajukan KPR kembali

kpr ditolak - rumah123.com

Evaluasi hal-hal yang menjadi penyebab KPR ditolak tersebut. Apabila memang masih banyak yang harus diperbaiki, maka bersabarlah dan perbaiki satu per satu masalahnya. Jangan terburu-buru mengajukan KPR ke bank lain sebelum kamu benar-benar memenuhi persyaratan bank.

Asal kamu sudah melakukan sejumlah hal di atas, maka gak perlu khawatir pengajuan KPR-mu akan ditolak lagi. Tetap semangat berburu KPR untuk mendapatkan hunian impianmu ya!

Bagikan: 5637 kali