mrt fase 2

Konstruksi MRT Fase 2 untuk ruas Thamrin - Ancol sejauh 11,8 kilometer telah mencapai 15,36 persen dengan konstruksi lanjutan dari MRT fase pertama yang sudah rampung sejak 2019.

Contract Paket (CP) 201 tersebut meliputi pembangunan Stasiun Thamrin, Stasiun Monas dan tunneling atau terowongan dari Bundaran HI sampai Harmoni per 25 April 2021.

Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim merinci, pekerjaan yang tengah dilakukan pada Stasiun Thamrin yakni power blender dan guide wall di shaft selatan, relokasi drainase shaft selatan, dan jet grout. 

Sementara, pekerjaan di Stasiun Monas mencakup D-Wall, kingpost, jet grout di RSS dan pembangunan Pos Polisi Medan Merdeka.

“Kami juga sedang menyelesaikan relokasi pembangunan Pos Polisi yang ada di Jalan Medan Merdeka Barat ke lokasi baru yang terdapat di sisi barat daya Monas”, ujar Silvia (27/04/2021).

Selain itu, konstruksi MRT Fase 2 juga kini juga sedang dalam proses pengerjaan pemasangan silo yakni bagian dari prasarana untuk membangun stasiun.

Sebelumnya, MRT Jakarta telah menandatangani kontrak pembangunan CP203 dengan Sumitomo Mitsui Construction Company Jakarta-Hutama Karya Join Operation (SMCC-HK JO). 

CP203 akan mengerjakan dua stasiun bawah tanah, yakni Stasiun Glodok sepanjang 240 meter dan Stasiun Kota sepanjang 411,2 meter serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sepanjang 1,4 kilometer.

Adapun, total nilai kontrak konstruksi MRT Fase 2 Thamrin - Ancol bernilai Rp4,6 triliun selama 72 bulan (September 2021 - Agustus 2027).

Konstruksi fisik akan dimulai pada 2021, saat ini konstruksi MRT Fase 2 sedang dalam proses soil investigation untuk mengecek kondisi tanah untuk mematangkan persiapan sebelum konstruksi dimulai.

“Saat ini juga sedang dilaksanakan koordinasi dengan kontraktor untuk penyampaian Performance Security & Advance Payment Security, untuk proses advance payment,” tuntas Silvia.

Tugu Jam Thamrin Direlokasi selama Konstruksi MRT Fase 2

Untuk mempermudah konstruksi MRT Fase 2, PT MRT Jakarta juga akan merelokasi Tugu Jam Thamrin di persimpangan Thamrin-Kebon Sirih sebagai salah satu cagar budaya DKI Jakarta.

Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim menambahkan pembangunan konstruksi MRT Fase 2A memiliki tantangan yang cukup besar terlebih di jalur ini terdapat banyak objek cagar budaya.

Silvia menjelaskan untuk menjaga struktur Tugu Jam Thamrin supaya tidak rusak terdampak konstruksi MRT Fase 2, akan direlokasi selama proses pembangunan berlangsung.

Adapun, proses relokasi dengan skema pemindahan sementara, penyimpanan, dan pemasangan kembali Tugu Jam Thamrin dinilai paling efektif dari sisi pelestarian budaya maupun teknis.

Relokasi akan dilakukan menyusul, seiring proses pembangunan MRT Fase 2A yang melintasi jalur tersebut. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai Konstruksi MRT Fase 2 Thamrin - Ancol yang saat ini sedang dibangun.

Temukan inspirasi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123

"Yuk, cari tahu inspirasi rumah idaman terbaik bersama Prima Harapan Regency selengkapnya."
Bagikan:
353 kali