Eksterior rumah di Cluster Botanica, Vida Bekasi, yang berkonsep asri dan ramah lingkungan. Foto: Rumah123/Dok. Gunas Land
 

Rumah di Cluster Botanica-Vida Bekasi merupakan bangunan semi-detached, yakni antar-rumah tidak saling menempel dindingnya. Bangunan yang seperti ini bikin sirkulasi udara bisa optimal dalam rumah. Pintu dan jendela dirancang sekaligus sebagai penghawaan dan pencahayaan alami. Arsitek Yu Sing merancang khusus bangunan seperti ini di Cluster Botanica, Kawasan Vida Bekasi.

Arsitek yang menggawangi Studio Akanoma ini dikenal sebagai ahli merancang bangunan yang ramah lingkungan bermaterial lokal dan fitur-fitur bangunan yang fungsional secara alami. Di kawasan Cluster Botanica, Yu Sing merancang ruang bersama yang terdiri atas taman atau hutan kecil, pendopo serbaguna, kolam natural, juga taman bermain anak yang dapat digunakan oleh warga untuk aneka acara. Melalui konsep ini, Vida Bekasi ingin mengembalikan budaya bertetangga yang baik.

Baca juga: Klaster Botanica, Hunian Terbaru Berkonsep Alam dari Vida Bekasi

“Cluster Botanica adalah salah satu dari sedikit hunian urban yang berani mengimplementasikan desain ramah lingkungan secara serius. Adanya ruang terbuka hijau, koridor taman dan kolam natural, sangat mendukung terciptanya ekosistem flora dan fauna secara alami di sekitar hunian. Hunian yang baik itu bukan hanya untuk manusia saja, tetapi harus bisa berdampingan dengan alam secara harmonis,” kata Yu Sing dalam keterangan tertulis yang dirilis Gunas Land sebagai pengembang Vida Bekasi.

 
Rumah pohon di area bersama Cluster Botanica, Vida Bekasi. Foto: Rumah123/Dok. Gunas Land
 

Dikembangkan sejak 2016 lalu, Vida Bekasi merupakan hunian modern dikelilingi kebun pangan dan herbal yang dirancang alami dan humanis oleh arsitek Yu Sing. Komplek hunian ini bisa dibilang ideal karena tak hanya menyediakan tempat tinggal, tapi juga diimbangi dengan lingkungan yang asri dan nyaman bagi para penghuninya. Halaman depan, samping, dan bagian belakang rumah, ditanami aneka pohon buah dan tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan sehari-hari oleh penghuni rumah.

Baca juga: Tinggal di Bekasi Tambah Oke Aja!

Vida Bekasi merupakan hunian baru di Kota Bekasi yang tertuju bagi kamu yang ingin hidup lebih berkualitas. Master plan-nya dibangun dalam konsep tropical urbanism karya arsitek Andra Matin. Konsep tersebut bermaksud membuat orang menyadari dan tanggap terhadap iklim tropis. Konsep ini diwujudkan pada kawasan urban berdesain kontemporer dengan fasilitas lengkap yang akan menunjang kebutuhan para penghuninya.

 
Akses penghubung hunian Tipe Rosemary  di Cluster Botanica, Vida Bekasi. Foto: Rumah123/Dok. Gunas Land
Bagikan: 2201 kali