indihome

Siapa yang merasakan gangguan pada jaringan internet Indihome dan Telkomsel? Wah, ternyata menurut YLKI, pelanggan berhak dapat kompensasi lo.

Jaringan Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan sejak hari Minggu (19/9/2021). Bahkan bagi beberapa pelanggan, gangguan tersebut masih terjadi hingga Selasa (21/9/2021).

Gangguan tersebut bahkan menjadi trending topik di Twitter dengan tagar #indihomedown, yang ditwit dengan lebih dari 2000 orang.

Banyak warganet yang ngetwit dengan hashtag tersebut, banyak keluhan yang dilayangkan pada perusahaan BUMN tersebut dan mempertanyakan kapan jaringan akan kembali pulih.

“Terima kasih #indihome berkat kamu downserver dan too long to solve, hahaha kerjaan saya jadi terhambat. Sukses deh buat gue”, ujar  akun Twitter @saabloondy seperti dikutip oleh Kompas.com.

“Kuliah pas materi penting, terus pas lagi nerangin eksekusi pemograman, dan jaringan tiba-tiba down, terus lost internet, mangkel seketika #Indihomedown”, kata akun @moodyswing.

Hingga saat ini, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) masih mengupayakan percepatan pemulihan layanan di wilayah yang mengalami gangguan.

Gangguan terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan ruas Batam-Pontianak.

indihome

Ganti Rugi Pelanggan Indihome

Sementara itu, sejumlah warga Twitter pun menanyakan, apakah ada kompensasi bagi pengguna Indihome terkait gangguan tersebut.

Apalagi, di masa perpanjangan PPKM ini hampir semua orang menggunakan internet dari Indihome, dan tentu saja mengganggu aktivitas pekerjaan mereka.

Hal tersebut membuat warganet pun beramai-ramai meminta ganti rugi atas gangguan tersebut. Bak gayung bersambut dengan YKLI.

Yayasan Konsumen Indonesia (YLKI) berkomentar  terkait keluhan pelanggan Indihome yang meminta kompensasi.

Lembaga ini berharap penyedia layanan internet yang bernaung di bawah BUMN tersebut memiliki mekanisme ganti rugi bagi pelanggan.

Dilansir dari laman Kompas.com, Pengurus Harian YLKI Agus Suyanto mengatakan, bahwa konsumen yang mengalami gangguan tersebut berhak mendapat kompensasi.

“Sesama BUMN, tentu saja YLKI berharap layanan-layanan yang di-handle oleh BUMN memiliki mekanisme ganti rugi yang sama seperti yang dilakukan oleh PLN,” ujar Agus.

Agus pun menambahkan, bahwa konsumen berhak mendapat kompensasi sepanjang Indihome tidak bisa membuktikan bahwa gangguan tersebut diakibatkan oleh faktor lain di luar kendali manusia, misalnya bencana alam.

Komentar Operator Mengenai Kompensasi Pelanggan Indihome

Namun, melalui akun Twitter resmi @indihomecare yang dilansir dari laman Kompas.com, mengatakan terkait ganti rugi, sebagai berikut:

“Hai Sobat. Maaf atas ketidaknyamanannya. Namun saat ini pemeliharaan jaringannya sudah selesai dilakukan, silakan dicoba kembali koneksi jaringannya”.

“Lalu untuk kompensasi akan diberikan apabila pemeliharaan jaringan terjadi lebih dari 3x24 jam,”  lanjut @indihomecare dalam cuitannya.

“Halo Sobat. Mengenai kompensasi tagihan nantinya tergantung dari kebijakan masing-masing Wilayah Telkom,” kata akun yang sama.

Agus melanjutkan kalau dari kejadian gangguan internet pada Indihome ini sebenarnya ada hak konsumen yang dilanggar.

Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, ingat ada UU-nya lo.

Konsumen berhak memperoleh kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam memakai atau mengkonsumsi produk atau jasa,

Hmm, sayangnya perlindungan untuk konsumen di Indonesia memang belum diperhatikan dengan baik ya.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Townhouse Mutiara Lenteng Agung.

Bagikan:
411 kali