Sedang kebingungan mencari kompor listrik atau kompor untuk dapurmu? Jika kamu menginginkan yang lebih hemat, simak dulu kompor listrik vs kompor gas ini!

Berbicara soal kompor tentu saja merupakan sebuah alat paling penting yang harus ada di setiap rumah.

Kebutuhan dasar manusia seperti air, listrik dan api merupakan kebutuhan yang harus selalu ada untuk menjaga hidup kita tetap berjalan lancar tanpa kendala.

Salah satu dari kebutuhan dasar manusia yaitu kebutuhan akan api menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibicarakan, karena kita sudah hidup di zaman modern, perkembangan teknologi untuk kebutuhan manusia akan api juga menjadi lebih bervariasi.

Dari zaman dulu yang hanya tersedia kayu bakar, arang atau sabut kelapa untuk menghasilkan api, lalu zaman kompor minyak tanah hingga zaman kompor gas dan kompor listrik seperti zaman sekarang ini.

Kalau ngomongin soal kompor gas tentu saja kamu sudah sangat familiar dengan jenis kompor ini.

Hampir semua rumah dan bangunan di Indonesia menggunakan kompor gas untuk kebutuhan dapur.

Salah satu teknologi kompor yang baru populer belakangan ini ialah teknologi kompor listrik induksi, kompor ini sekarang banyak dipakai di rumah modern dan juga apartemen.

Kompor induksi ini sedang naik daun karena biaya yang lebih hemat, bentuknya yang futuristis, tidak mengeluarkan asap, memasak lebih bersih dan aman dari bahaya gas bocor karena tidak memakai gas.

Namun, tentu banyak dari kalian yang masih bertanya tanya, apakah memang kompor gas vs kompor listrik itu lebih ekonomis memakai kompor listrik? 

Untuk mengetahui jawabannya, yuk mari simak ulasan di bawah!

Harga Kompor Gas dan Kompor Listrik

kompor modena Sumber: Shopee.co.id

Ngomong ngomong soal harga dari unit kompor itu sendiri, harga kompor gas memang jauh lebih murah dibandingkan dengan kompor listrik.

Sebagai perbandingan saja dengan brand yang sama yaitu brand Modena yang populer di Indonesia, untuk versi kompor gas nya yaitu Modena Kompor Tanam BH 0725 memiliki harga Rp1,893,000.

Dibandingkan dengan versi kompor listrik induksi yaitu Modena Kompor Tanam Listrik Induksi MAGNE BI 0721 yang memiliki harga Rp4,420,000 tentu sangatlah terpaut jauh. 

Kompor gas memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kompor listrik induksi.

Harganya bisa berbeda lebih dari 2x lipat antara kompor gas dengan kompor listrik induksi

Biaya Operasional Kompor Gas dan Kompor Listrik

Kompor gas tanam memiliki banyak keuntungan dibandingkan kompor biasa - Rumah123.com

Biaya operasional kompor gas dan kompor listrik juga menjadi salah satu hal yang paling menarik untuk dibandingkan.

Kompor gas dengan rata rata pemakaian selama 3 jam sehari akan menghabiskan 1 tabung gas 12 KG dengan harga 150.000 per tabung dalam 1 bulan.

Sedangkan kompor listrik sendiri rata rata menghabiskan daya 1.5 kw per jam, namun waktu penggunaannya akan lebih singkat dibandingkan dengan kompor gas.

Sebagai catatan, efisiensi kompor gas adalah di angka 55 - 60%, dimana dari 100% daya gas, ada sekitar 40 - 45% daya panas gas yang tidak tersalurkan ke wadah / panci.

Sedangkan efisiensi kompor induksi adalah sebesar 90 - 95% dimana 100% daya listrik yang digunakan, hanya 5-10% yang terbuang.

Hal ini membuat waktu operasional kompor listrik yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan kompor gas.

Waktu pemanasan kompor listrik selama 1.5 jam, setara dengan penggunaan kompor gas selama 3 jam.

Hal ini terjadi karena daya panas yang disalurkan oleh kompor listrik lebih terserap dengan sempurna oleh wadah / panci makanan. 

Hal ini tentunya membuat kesimpulan bahwa, kompor listrik yang rata rata memakai daya 1.5kw per jam, dikali dengan waktu pakainya (1.5 Jam) didapatkan hasil 2,25 KwH per harinya.

Apabila dikalikan dengan Tarif Dasar Listrik sebesar 1.444, maka kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 3,249 sehari atau Rp 97,470 selama sebulan.

Apabila dibandingkan, pengeluaran kompor gas lebih mahal sekitar 50 Ribu Rupiah dibandingkan dengan kompor listrik.

Ditambah lagi, kompor listrik bebas dari kelangkaan dan kenaikan gas mendadak di momen hari besar seperti tahun baru, lebaran dan lain sebagainya.

Kesimpulan: Kompor Listrik Vs Kompor Gas, Mana Lebih Murah?

kompor listrik vs kompor gas

Dari segi ekonomis, baik kompor gas dan kompor listrik sama sama punya nilai plus masing masing.

Kompor gas lebih unggul di harga pembelian awal yang 100% lebih murah dibandingkan dengan kompor induksi listrik.

Sedangkan kompor industri listrik biaya operasionalnya lebih hemat sekitar 33% per bulan.

Kalau dihitung hitung, pengeluaran besar di awal untuk kompor listrik akan terbayarkan sama dengan kompor gas di tahun ke 4.

Selisih sebesar Rp50 Ribudalam satu bulan dalam biaya operasional akan menutup selisih biaya pembelian yang lebih besar 2x lipat dibandingkan dengan kompor gas jika digunakan selama 4 tahun.

Nah, pilihan ada di tangan kamu.

Pilih yang lebih murah di awal atau lebih murah dalam jangka panjang?

Selain itu, sesuaikan juga ya dengan tempat tinggalmu, apabila kamu tinggal di landed house tentunya bebas memilih sesuai kebutuhan dan keuangan.

Namun apabila kamu tinggal di apartemen tentunya akan lebih bijak memilih kompor induksi listrik karena tidak mengeluarkan asap, tidak perlu repot naik turun lift untuk mengganti gas dan bentuk yang lebih simpel.

Bagaimana? Semoga artikel ini membantu ya!

Bagikan:
12390 kali