Biro Arsitek Asal Jepang, Fujimori Architects Mendesain Sebuah Kompleks Hunian Berisi Empat Klaster dan 15 Rumah (Foto: Rumah123/Designboom/Shigeo Ogawa)

Seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk dan permintaan hunian, biro arsitek Fujimori Architects mendesain hunian yang menyeimbangkan kehidupan privat dan komunal.

Designboom melansir bahwa hunian ini berada di Hiroshima, Jepang. Hiroshima merupakan salah satu kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Jepang. Saat ini, jumlah penduduknya mencapai 1,1 juta jiwa.

Kompleks ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki akses mudah ke kota. Lokasi rumah ini tengah berkembang dan menarik perhatian keluarga muda.

Baca juga: Balkon Tuh Tempat Tempat Bergaul sama Tetangga, Bukan Tempat Jemuran

Populasi penduduk pun bertambah. Fujimori Architects meresponnya dengan membuat klaster rumah yang terdiri dari 15 rumah.

Kompleks perumahan ini berdiri di atas lahan 705 meter persegi. Sementara luas bangunan mencapai 1092 meter persegi.

Arsitek tidak mendesain apartemen, melainkan rumah. Kompleks ini terdiri dari empat klaster. Setiap rumah dalam satu klaster menghadap ke taman.

Baca juga: Sekolah yang Asyik Tuh Kayak Begini

Namun, setiap rumah juga mempunyai teras sendiri. Jadi setiap penghuni rumah memiliki ruang privat sekaligus akses ke ruang publik.

Ada jalan setapak yang menjadi area transisi antara taman dan setiap hunian. Fujimori Architects memang ingin membuat komunitas kecil atau komunitas mikro dalam kompleks ini.

Setiap rumah memiliki ketinggian lantai yang berbeda. Hal ini untuk memperkenalkan kekayaan dan keunikan dari interior rumah.

Baca juga: Kompleks Perumahan Ini Bikin Penghuni Mau Gaul Sama Tetangga

Kompleks Rumah Ini Memberikan Akses ke Ruang Publik, Tetapi Juga Memiliki Ruang Privat (Foto: Rumah123/Designboom/Shigeo Ogawa)
Bagikan: 863 kali