Kompleks Apartemen yang Didesain oleh UNStudio (Rumah123/Dezeen)

Apa sih yang kamu lihat kalau melihat kompleks apartemen? Paling hanya bangunan pencakar langit dengan warna yang sama.

Biro arsitek asal Belanda, UNStudio ingin mengubah citra tidak menarik ini terutama dengan apartemen yang berada di kota-kota besar Asia. Hasilnya memang mengagumkan lho.

Baca juga: Wow, Rumah Ini Dirancang Anti Banjir dan Badai Lho

UNStudio memberikan sentuhan perbedan dengan memberikan solusi dari bangunan apartemen yang sama dan tidak memiliki kesan. Biro arsitek ini menambahkan warna dan pola pada eksterior bangunan. Warna-warna ini diaplikasikan pada kaca, pintu, dan juga balkon.

Dua blok bangunan apartemen yang berada di Daegu, Korea Selatan menjadi bukti transformasi. Penambahan warna menciptakan zona pada kompleks sekaligus memberikan sentuhan identitas yang unik.

Baca juga: Mau Hadir di Piala Dunia 2022? Ada Stadion Berbentuk Peci Lho

UNStudio menyatakan kalau penambahan warna tidak hanya memperkuat identitas, tetapi juga memperkuat komunitas. Proyek ini dipelopori oleh perusahaan pengembang Hyundai Development Company.

Lantas Hyundai Development Company meminta UNStudio untuk mengubahnya. Sebelumnya, biro arsitek ini memiliki proyek serupa di Suwon, Korea Selatan.

Baca juga: Balkon Hijau Penuh Tanaman, Mau Bikin Juga Ga?

Selain mengubah tampilan eksterior, UNStudio juga menambah sejumlah fasilitas publik seperti trek lari sepanjang 400 meter, kawasan pejalan kaki, dan lainnya. UNStudio bekerja sama dengan biro arsitek lanskap asal Belanda, Lodewijk Baljon.

UNStudio merupakan biro arsitek yang didirkan oleh Ben Van Berkel bersama Caroline Bos pada 1988. Meski berkantor pusat di Belanda, namun UNStudio memiliki banyak proyek di Asia seperti di Shanghai dan Beijing (Tiongkok), dan Singapura.

Baca juga: Rumah Kecil yang Nyaman dan Efisien, Yuk Dilihat Kayak Apa

Wah, keren juga ya transformasi kompleks apartemen seperti ini. Kamu mau tinggal di sini nggak? Pasti nggak menolak kan!

By the way, ada sejumlah apartemen di Indonesia yang dicat warna warni, sayangnya aplikasi warnanya kurang keren. Sayang banget ya.

Baca juga: Menanti Kedatangan Kapal di Bawah Naungan Awan, Wah Keren Banget

Kompleks Apartemen yang Didesain oleh UNStudio (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1484 kali