Dikenal sebagai negara demokratis, namun politik dinasti masih sangat kental bahkan kerap menjadi sumber kekuatan baru di Indonesia.

Perlu diketahui, politik dinasti tersebut kerap menjadi salah satu bagian dari politik balas budi yang saling menguntungkan satu sama lain sehingga menjadi sangat menarik.

Meski demikian, tidak semua hal bisa dikatakan sebagai faktor negatif dan oligarki kekuasaan, bahkan jenis politik ini juga ada yang berperan dalam memajukan wilayahnya.

Pasalnya, politik dinasti bagi beberapa orang menjadi panggung awal untuk memiliki kekuasaan lebih di bidang legislatif bahkan eksekutif. 

Lantas, seperti apa kompilasi dinasti politik di Indonesia saat ini? Apakah masih ada yang kuat atau justru tersungkur oleh anti rasuah? 

Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Politik Dinasti di Indonesia Saat Ini, Jadi Penguasa Daerah 

Tak harus jadi orang kaya di kota, banyak sekali politik dinasti yang kuat dan bertahan untuk memperoleh pundi-pundi dan kekuasaan terpusat.

Simak beberapa referensi tokoh politisi yang berhasil membangun dinastinya berikut ini. 

1. Ratu Atut Chosiyah 

ratu atut Bisnis.com

Diantara semua politik dinasti di Indonesia, Ratu Atut Chosiyah masih memiliki pengaruh kuat khususnya di wilayah Banten.

Meski sudah mendekam di Penjara karena kasus Korupsi, namun mantan Gubernur Banten ini masih memiliki warisan kekuasaan yang kuat.

Saat ini, kedua anaknya juga menjadi seorang pejabat pemerintah mulai dari anak sulungnya yakni sebagai Wakil Gubernur Banten, dan putri keduanya sebagai Anggota DPD dua periode.

Tak hanya keluarga inti, saudara-saudaranya juga memiliki jabatan mentereng di Banten.

Sebut saja mulai dari keponakannya sebagai Wakil Walikota Tangerang Selatan hingga sang adik yang menjadi Bupati Serang. 

2. Presiden Joko Widodo 

jokowi Merdeka.com

Bak buah jatuh tak jauh dari pohonnya, putra sulung dan menantu Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution berhasil memenangkan kontestasi politik Pemilukada Serentak 2020.

Saat ini keduanya menjabat sebagai Wali Kota, yakni Surakarta dan Medan dengan usia yang relatif cukup muda.

Meski diasosiasikan sebagai salah satu jenis politik dinasti, kiprah keduanya dianggap cukup menonjol meski baru menjabat seumur jagung.

Menurut berbagai pakar politik, Gibran memiliki peluang yang cukup kuat sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta atau Jawa Tengah pada kontestasi Pilkada Serentak 2024. 

3. Alex Noerdin 

alex noerdin

Gubernur Sumatera Selatan 2 periode yang baru saja dijerat oleh Kejaksaan Agung ini juga punya pengaruh kuat terhadap politik dinasti.

Adapun, politik dinasti dari politisi Golkar ini diteruskan oleh sang anak yang kini menjabat sebagai Bupati Musi Banyuasin.

Perlu diketahui, setelah turun jabatan pada 2018 silam sang anak juga sempat mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatera Selatan periode 2018-2023. 

4. Syahrul Yasin Limpo 

syahrul yasin limpo Beritagar

Sebelum menjabat sebagai Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo merupakan Gubernur Sulawesi dua periode yakni 2008-2018.

Tak hanya seorang diri, keluarga sang ayah juga memiliki dinasti politik yang sangat kuat mengingat jasanya sebagai sesepuh Partai Golkar.

Selain kiprah sang Ayah, Ibunda Menteri Pertanian ini juga pernah menjadi anggota DPR RI periode 1999-2004.

Politisi 65 tahun ini juga memiliki seorang adik yang juga sempat menjabat sebagai Bupati Gowa periode 2005 - 2015 yang kini diteruskan oleh sang keponakan. 

5. Zulkifli Nurdin 

Zulkifli Nurdin zumi zola MerahPutih

Menjadi Gubernur Jambi dua periode, Zulkifli Nurdin berperan kuat dalam membentuk dinasti politik di Provinsi Jambi.

Bagaimana tidak, dinasti politik tersebut akhirnya diteruskan oleh sang anak Zumi Zola yang sempat menjadi Gubernur Jambi periode 2016-2021.

Meski demikian, kiprah politik dari sang anak justru membuat politik dinasti ini tersungkur mengingat sang anak terjerat kasus korupsi RAPBD.

6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 

sby

Meski sudah tidak berkuasa, politik dinasti dari Susilo Bambang Yudhoyono masih memiliki peranan kuat khususnya di parlemen DPR RI.

Pasalnya, putra kedua SBY yakni Ibas Yudhoyono memiliki suara yang sangat kuat di DPR RI bahkan ia sudah menjabat selama tiga periode kemudian menjadi Ketua Fraksi dari Partai Demokrat.

Selain Ibas Yudhoyono, keluarga SBY lainnya yang kini menjadi anggota DPR RI lainnya adalah Hartanto Edhie Wibowo yang merupakan adik ipar dari SBY.

Demikian beberapa kompilasi politik dinasti terkini, baik yang masih menjaga eksistensinya di masyarakat dan juga ada yang sudah tersungkur.

Temukan informasi menarik lainnya seputar inspirasi gaya hidup, selengkapnya di Rumah123.

"Simak keunggulan Zena BSD City di sini."

Bagikan:
430 kali