Berbagai industri siap diinvestasikan oleh pengusaha sukses Indonesia untuk menghasilkan pundi-pundi kekayaan yang menguntungkan.

Tak hanya industri batu bara maupun minyak dan gas, salah satu industri ekstraktif yang banyak dikelola adalah industri kayu.

Untuk diketahui, industri kayu masih menjadi salah satu komoditi yang sangat menguntungkan di Indonesia, tak hanya dijadikan sebagai furnitur melainkan juga sebagai bubur kayu.

Adapun, bubur kayu tersebut nantinya terus diolah kembali menjadi kertas untuk kebutuhan industri.

Meski penerapan bebas kertas sudah digalakkan, namun kebutuhan produk jadi ini tidak akan punah mengingat penggunaannya akan terus dikendalikan di masa mendatang dan semakin mahal.

Kini, siapa saja pengusaha sukses Indonesia yang berhasil dalam industri kayu? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Pengusaha Sukses Indonesia yang Berasal dari Industri Kayu 

Kamu bisa cari tahu kompilasi pengusaha Indonesia sukses ini memiliki latar belakang dari industri kayu maupun peleburan hasil olahannya.

Adapun, mayoritas pengusaha sukses Indonesia ini juga berada dalam daftar 50 hingga 100 daftar orang kaya di Indonesia.

1. Prajogo Pangestu 

Pengusaha Sukses Indonesia_1 Sumber : Katadata.co.id

Sukses dalam berbagai bidang, inti usaha dari Prajogo Pangestu salah satunya adalah industri perkayuan melalui unit bisnis Barito Group.

Bisnis perkayuan taipan 77 tahun ini sangat masyhur di zaman Presiden Soeharto bahkan mengantarkannya ke jajaran pengusaha sukses Indonesia.

Tak hanya bisnis perkayuan, Prajogo kemudian merambah dalam berbagai bisnis mulai petrokimia, kelapa sawit hingga properti.

Kini, Prajogo Pangestu dinobatkan sebagai salah satu pengusaha terkaya di Indonesia dengan menempati peringkat ketiga dengan kekayaan bersih 6 miliar dolar AS atau Rp84,66 triliun.

2. Putera Sampoerna 

Pengusaha Sukses Indonesia_2 Sumber : sampoernafoundation.org

Tak hanya dikenal dalam industri tembakau di Indonesia, Putera Sampoerna juga merupakan pengusaha sukses Indonesia dalam bidang perkayuan.

Setelah melepas kepemilikan saham mayoritas Sampoerna pada Philip Morris International, kini ia lebih fokus dalam unit usaha Sampoerna Strategic.

Lini usaha dari Sampoerna Strategic meliputi layanan keuangan, kelapa sawit dan perkayuan melalui PT Sampoerna Kayu yang kini terdaftar di Bursa Efek Singapura.

Sampoerna Kayu kini telah mampu mengolah kayu dengan kapasitas 1 juta meter kubik per tahun kemudian diolah menjadi triplek, LVL, veneer dan bahan baku produk kayu lainnya.

3. Sukanto Tanoto 

Pengusaha Sukses Indonesia_3 Sumber : tanotofoundation.org

Melalui korporasi Raja Garuda Mas atau Royal Golden Eagle (RGE), Sukanto Tanoto kini sukses memuncaki tangga pengusaha sukses Indonesia terkaya.

Sebelum menjadi besar seperti saat ini, Sukanto memulai bisnisnya sebagai pemasok suku cadang dan pengusaha bidang konstruksi migas.

Salah satu bisnis besarnya dalam industri perkayuan adalah APRIL Pulp and Paper yang menjadi salah satu perusahaan kertas terbesar di Indonesia.

Untuk diketahui, nama Sukanto Tanoto juga sempat mencuat mengingat ia memiliki ratusan ribu hektar lahan di Kalimantan yang salah satu lahannya berada di Ibu Kota Negara Kalimantan.

4. Murdaya Poo 

Pengusaha Sukses Indonesia_4 Sumber : anakdagang.com

Dikenal dalam usaha properti, pengusaha sukses Indonesia Murdaya Poo juga memiliki unit bisnis perkayuan di Indonesia.

Adapun, ia merupakan pemilik dari konglomerasi Lyman Group yang terdiri dari bisnis kayu hingga kelapa sawit.

Saat ini, kekayaan Murdaya Poo tercatat sebesar 1,14 miliar dolar AS.

5. Winarko Sulistyo 

winarko sulistyo Akurat.co

Winarko Sulistyo saat ini berada di jajaran 50 besar orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan bersih sebesar 1,15 miliar dolar AS.

Bisnis utamanya adalah peleburan bubur kertas yang dijalankan oleh perusahaan miliknya yakni Fajar Surya Wisesa.

Dilansir dari laman resmi perusahaan, Fajar Paper memiliki total 6 mesin kapasitas produksi hingga 1,3 juta metrik ton per tahun.

6. Arini Subianto

Pengusaha Sukses Indonesia_5 Sumber : Tabloidbintang.com

Dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses Indonesia termuda, Arini Subianto meneruskan bisnis sang ayah yang telah wafat pada 2017 silam.

Ia merupakan salah satu bos dari Persada Capital Investama yang bergerak dalam berbagai unit bisnis termasuk pengolahan kayu.

Selain memiliki usaha pengolahan kayu, Persada Capital juga merupakan salah satu pemegang saham dari Adaro, perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia.

7. Hashim Djojohadikusumo 

Pengusaha Sukses Indonesia_6 Sumber : bisnis.com

Adik kandung dari Prabowo Subianto sudah dikenal sebagai pengusaha sukses melalui perusahaan korporasinya yakni, Arsari Group.

Salah satu unit bisnisnya adalah pabrik peleburan bubur kertas yakni Kertas Nusantara yang beroperasi di wilayah Kalimantan.

Adapun, kekayaan Hashim Djojohadikusumo saat ini menurut Forbes tercatat sebesar 685 juta dolar AS atau Rp9,69 triliun.

Itulah beberapa daftar kompilasi pengusaha sukses Indonesia dari industri kayu tak akan habis hartanya hingga tujuh turunan.

Temukan informasi menarik seputar tips dan gaya hidup, selengkapnya di Rumah123.  

"Cari tahu keunggulan terbaik hunian idaman bersama Vernonia Residence Bekasi."

Bagikan:
308 kali