Setiap konglomerat Indonesia masing-masing pastinya memiliki berbagai diversifikasi bisnis yang berbeda-beda.

Salah satu jenis usaha yang digeluti dan menghasilkan keuntungan adalah industri migas.

Pasalnya, bisnis migas masih diminati meski energi terbarukan terus bermunculan hingga saat ini.

Perlu diketahui, industri energi merupakan salah satu sumber keuntungan yang cukup besar dan berkelanjutan.

Adapun, bisnis ini tidak akan mati baik dari hulu maupun ke hilir sampai habis kemudian diperbaharui.

Siapa sajakah konglomerat Indonesia yang memiliki usaha energi dan migas saat ini? Simak pembahasannya bersama-sama!

Kompilasi Konglomerat Indonesia Pemilik Bisnis Migas 

Selain batu bara, bisnis energi dalam bentuk minyak dan gas masih menjadi primadona mengingat harga komoditas ini dalam keadaan yang cukup stabil.

Terdapat beberapa konglomerat Indonesia yang berkecimpung dalam usaha migas berdasarkan daftar orang terkaya 2021 versi Forbes berikut ini : 

1. Prajogo Pangestu (Star Energy) 

prajogo pangestu Sumber: InsertLive

Tak hanya memiliki perusahaan petrokimia dan kelapa sawit, konglomerat Indonesia Prajogo Pangestu juga memiliki usaha dalam bidang energi.

Adapun, ia memiliki perusahaan energi bernama Star Energy yang bergerak dalam bidang minyak dan gas maupun energi terbarukan.

Dilansir dari situs resminya, Star Energy mengoperasikan beberapa kilang minyak yang berada di Pulau Natuna dan Pulau Sebatik.

Selain kilang minyak, Prajogo Pangestu juga memiliki salah satu Geothermal terbesar di Indonesia yang beroperasi di Gunung Wayang, Darajat, Madura, Maluku Utara dan Lampung.

2. Garibaldi Thohir (ESSA) 

garibaldi thohir Sumber: Kompas.com

Selain menjadi salah satu pemilik tambang batu bara, kakak dari Erick Thohir ini juga memiliki perusahaan energi dalam bidang minyak dan gas bernama ESSA Energy.

Berdasarkan situs resminya, perusahaan ini memiliki dua produk utama yakni LPG dan Amonia, yang beroperasi di Sumatera Selatan dan Sulawesi Tengah.

Saat ini, Garibaldi Thohir bertengger menduduki peringkat 15 berdasarkan data konglomerat Indonesia versi Forbes dengan total kekayaan senilai 1,65 miliar dolar.

3. Edwin Soeryadjaya (Interra Resources)

Edwin Soeryadjaya Sumber: Pos Bagus

Selain memiliki usaha di bidang kelapa sawit dan batu bara, Edwin Soeryadjaya juga memiliki usaha minyak dan gas bernama Interra Resources.

Perlu diketahui, Interra Resources merupakan salah satu unit bisnis yang berpusat di Singapura dan dimiliki oleh Saratoga Investama Sedaya.

Interra Resources saat ini memiliki dua buah kilang minyak yang berada di Kalimantan Tengah dan Myanmar.

Berdasarkan data terakhir Forbes, Edwin Soeryadjaya memiliki kekayaan sebesar 580 juta dolar pada peringkat ke 45 daftar konglomerat Indonesia terkaya. 

4. Soegiarto Adikoesoemo (AKR Corporindo) 

soegiarto adikoesoemo Sumber: VOI

Memulai usaha minyak dari industri kimia, Soegiarto Adikoesoemo kini sukses menjadi salah satu konglomerat Indonesia terkaya melalui AKR Corporindo.

Pria 84 tahun ini memiliki total kekayaan sekitar 555 juta dolar berdasarkan data 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Perusahaan AKR sendiri tak hanya menjual minyak dan distribusi kimia dalam bentuk B2B, namun juga dengan pendekatan B2C yang bekerjasama dengan BP.

5. Arifin Panigoro (Medco Energi) 

arifin Panigoro Sumber: Niaga.asia

Sebelum menjabat sebagai anggota Wantimpres periode 2019-2024, Arifin Panigoro merupakan salah satu konglomerat Indonesia dalam bidang migas yang sangat sukses.

Melalui bendera Medco Energi, pria 75 tahun ini mendirikan salah satu usaha migas terbesar di Indonesia saat oil boom yang menjadikan komoditas ini sangat laris dalam ekspor.

Saat ini Medco Energi tidak hanya beroperasi di Indonesia, namun juga di negara lain seperti Oman, Vietnam, Thailand, Mexico, dan Tanzania.

Berdasarkan data Forbes, total kekayaan Arifin Panigoro saat ini berjumlah 550 juta dolar dan bertengger di posisi 47 dari 50 orang terkaya di Indonesia.

Itulah beberapa kompilasi daftar konglomerat Indonesia terkaya dengan usaha energi dan migas terlengkap.

Temukan informasi menarik lainnya seputar inspirasi properti, selengkapnya di Rumah123

"Ayo cari tahu keunggulan Grand Galaxy City di sini selengkapnya."

Bagikan:
261 kali