mulan jameela krisdayanti

Untuk menjaga eksistensi, banyak sekali artis perempuan Indonesia yang putuskan banting setir menjadi politikus.

Salah satu jalan meniti karir politik yang cukup aman adalah menjadi anggota DPR RI, terlebih popularitas mereka memiliki posisi tawar yang cukup tinggi.

Perlu diketahui, meski memiliki modal yang besar namun menjadi anggota DPR RI merupakan solusi yang menarik. 

Umumnya, artis-artis tersebut secara umum sudah memiliki akademik maupun rekam jejak yang baik sehingga reputasi di masyarakatnya juga sangat bagus.

Lantas, artis perempuan Indonesia mana saja yang kini berada di Senayan sebagai anggota DPR RI? Simak pembahasannya bersama-sama!

Kompilasi Artis Perempuan Indonesia yang Kini Menjabat sebagai Anggota DPR RI 2019-2024

Berikut merupakan beberapa kompilasi artis perempuan Indonesia yang kini menjadi anggota parlemen dan siap memberikan berbagai aspirasi masyarakat.

Simak beberapa daftar kompilasinya berikut ini. 

1. Desy Ratnasari 

desy ratnasari

Siapa yang tak mengenal Desy Ratnasari, artis peran sekaligus penyanyi Indonesia yang satu ini memulai debutnya sebagai model dari ajang Gadis Sampul 1988.

Adapun, ia juga merupakan salah satu anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional 2 periode yakni 2014-2019 dan 2019-2024.

Selain dikenal sebagai artis dan anggota DPR RI, perempuan yang berasal dari Sukabumi ini juga merupakan seorang dosen Fakultas Psikologi.

2. Rieke Diah Pitaloka 

Rieke Diah Pitaloka  Detik.com

Dikenal sebagai pemeran Oneng dalam sitkom Bajaj Bajuri, artis perempuan Indonesia yang satu ini juga dikenal sangat vokal sebagai anggota DPR RI.

Untuk diketahui, Rieke Diah Pitaloka saat ini sudah menjadi anggota DPR RI selama 3 periode mulai 2009-2014, 2014-2019, dan 2019-2024 dari Fraksi PDIP.

Selama menjadi anggota DPR, Rieke juga sempat dicalonkan sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018. 

3. Arzeti Bilbina 

arzeti Bilbina  Republika

Memulai karir sebagai model dan peragawati, Arzeti Bilbina sukses menjadi salah satu anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

Perempuan 47 tahun ini memulai karirnya sebagai anggota DPR pasca penggantian antar waktu di daerah pemilihan Jawa Timur I periode 2014-2019.

Setelah menjalani periode pertama, artis perempuan Indonesia ini akhirnya mengikuti kontestasi politik pada 2019 kemudian terpilih di dapil yang sama.

Saat ini, Arzeti bekerja untuk Komisi IX DPR RI yang membawahi Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

4. Krisdayanti 

Sumber: instagram.com/krisdayantilemos

Lebih dikenal sebagai diva Indonesia, Krisdayanti memulai karirnya sebagai politisi pada kontestasi politik pada 2019 silam.

Terpilih sebagai anggota DPR RI, Krisdayanti juga memperoleh jumlah suara yang sangat besar untuk seorang artis papan atas, yakni sebanyak 132,131 untuk pemilihan Jatim V. 

Saat mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI, Krisdayanti mengatakan bahwa ia mewakili tanah kelahirannya di Malang.

Dalam beberapa waktu ke belakang, ia juga sempat mengatakan bahwa modal kampanye yang dihabiskan kurang lebih Rp3 miliar.

5. Nurul Arifin 

Nurul Arifin Tempo.co

Artis perempuan Indonesia yang terkenal di era 80-90an ini juga dikenal sebagai salah satu politikus dari Partai Golkar.

Sebelum menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024, Nurul Arifin juga sempat menduduki parlemen periode 2009-2014.

Saat ini, ia merupakan salah satu anggota DPR RI dari Komisi I yang membawahi pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, serta intelijen.

6. Rachel Maryam

Rachel Maryam  Kompas.com

Dapat dikatakan jika Rachel Maryam merupakan salah satu artis perempuan Indonesia yang cukup lama berada di Parlemen bersama Partai Gerindra.

Perempuan asal Bandung ini sudah menjadi anggota DPR RI sejak 1 Oktober 2009 sampai dengan saat ini.

Adapun, ia memperoleh suara pemilihan sejumlah 145,636 dari Daerah Pemilihan Jawa Barat II. 

7. Mulan Jameela 

mulan jameela (Sumber: Instagram @mulanjameela1)

Dikenal sebagai penyanyi, Mulan Jameela kini merupakan salah satu artis perempuan Indonesia yang menjadi anggota parlemen DPR RI.

Perempuan bernama Raden Wulansari ini diusung dari Partai Gerindra dengan daerah pemilihan Jawa Barat XI dengan perolehan sebanyak 24,192. 

Adapun, Mulan Jameela kini bertugas di Komisi VII DPR RI yang membawahi energi, riset dan teknologi serta lingkungan hidup.

Itulah beberapa kompilasi daftar artis perempuan Indonesia yang kini menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

Temukan informasi menarik seputar inspirasi properti, selengkapnya di Rumah123.

"Simak keunggulan Elevee Tangerang di sini."
Bagikan:
129 kali