Ilustrasi Orang Membuang Sampah. Pengelola MRT (Moda Raya Terpadu) Tidak Menyediakan Tempat Sampah di Stasiun Agar Area Tidak Penuh Sampah. Penumpang Diharapkan Teredukasi dengan Membuang Sampah Pada Tempat Sampah yang Ada di Termpat Lain (Foto: Rumah123/Getty Images)

MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit) sudah beroperasi secara komersial sejak Senin (01/04/2019). Penumpang mengeluhkan minimnya tempat sampah di stasiun MRT. Ternyata, hal ini memang disengaja untuk mengedukasi masyarakat supaya tidak membawa sampah ke stasiun.

MRT telah menjalani masa uji coba gratis selama beberapa waktu. Setelah diresmikan, MRT mulai beroperasi secara komersial dengan tarif diskon 50 persen selama April 2019.

Salah satu masukan dari para penumpang adalah minimnya jumlah tempat sampah. Alhasil, sejumlah stasiun MRT sempat kotor karena sampah.

Baca juga: MRT Bakal Punya Rute 231 Kilometer, Truz Ngapain Beli Mobil, Mendingan Beli Rumah

“Di stasiun MRT tidak ada tempat sampah. Ini bagian dari pendidikan bahwa sampahnya dibawa tidak ditinggalkan jadi stasiun ini bukan tempat sampah,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan seperti dikutip oleh CNN Indonesia.

Anies memaparkan kalau semua ini adalah bagian dari pendidikan. Sampah tidak boleh ditinggalkan di stasiun dan juga di dalam MRT. Penumpang mau tidak mau harus membawa sampah sampai menemukan tempat sampah.

Kalau ada penumpang yang melihat penumpang lain meninggalkan sampah sudah seharusnya diingatkan supaya lingkungan stasiun MRT selalu dalam keadaan bersih. Gubernur DKI melanjutkan dia berharap kalau para penumpang MRT bisa berlatih untuk menjaga kebersihan.

Baca juga: Naik MRT Bisa Pakai Kartu Uang Elektronik, Wah Jadi Gampang Dong

Pengelola Moda Raya Terpadu, PT MRT Jakarta pun sudah menyatakan tidak akan menyediakan tempat sampah di dalam stasiun. PT MRT ingin memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kebersihan.

Selain itu, PT MRT juga berupaya meminimalisasi sampah dengan melarang makan dan minum di area masuk menuju peron. Hmm, ternyata semua ini yang menjadi alasan PT MRT Jakarta tidak menyediakan tempat sampah di stasiun.

Buat kamu yang ingin naik MRT, jangan lupa untuk membuang sampah sebelum stasiun. Kalau tidak sempat, mau tidak mau kamu harus membawa sampah dan membuangnya setelah keluar stasiun tujuan. Biasakan buang sampah pada tempatnya ya. Ayo, tunjukkan orang Indonesia itu cinta kebersihan.

Baca juga: Ingat, MRT Sudah Beroperasi Komersial, Kamu Sudah Tahu Tarifnya Kan

Bagikan: 1613 kali