Mordavia Arena di Rusia Memiliki Kesamaan Fasad dengan Stadion FNB di Afrika Selatan (Rumah123/Latest Fotmob)

Stadion keren ini bernama Mordovia Arena yang berada di Saransk, Rusia. Stadion ini menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Piala Dunia 2018 Rusia.

Nah, stadion yang juga tidak kalah kerennya ini adalah Stadion FNB atau Stadion Soccer City. Stadion ini berada di Johannesburg, Afrika Selatan. Stadion FNB digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Baca juga: Ambisi Chelsea Punya Stadion Baru Terancam Batal

Lho, kok kedua stadion yang lokasinya berjauhan ini desainnya mirip sih? Serupa tapi sama. Siapa terinspirasi atau siapa yang menyontek nih?

Situs berita Business Insider South Africa yang melansir kabar ini pertama kali. Kedua stadion ini memiliki bentuk yang sama dan eksterior serupa berupa penutup berbentuk mosaik.

Baca juga: Stadion Keren Ini Malah Ga Ikutan Gelar Laga Piala Dunia 2018

Arsitek Gonzalo Prieto dari biro arsitek Ruben Reddy Architects menyatakan kalau Stadion FNB menjadi inspirasi dari Mordovia Arena. Ruben Reddy Architects merupakan salah satu firma yang mendesain renovasi stadion Piala Dunia 2018. Firma ini juga sempat mengerjakan desain stadion untuk Piala Dunia 2010.

Prieto menyatakan kalau ada kemungkinan arsitek stadion Mordovia tersinspirasi FNB. Dia juga mengungkapkan bahwa tidak lazim kalau stadion memiliki desain sama. Sementara panitia penyelenggara berkilah tidak ada kesamaan, “hanya ada kebetulan belaka”.

Baca juga: Semua Stadion Piala Dunia 2018 Masuk Kategori Ramah Lingkungan, Ini Baru Keren!

“Ada kemungkinan kalau arsitek sempat melihat Soccer City, mungkin dia suka dengan ide desain dan mungkin mengintepretasi. Tetapi, perbedaannya tidak banyak secara visual,” ujar Prieto kepada Business Insider South Africa.

“Tetapi, ada hal lain. Bagian luar mingkin serupa, tetapi kapasitas benar-benar berbeda,” lanjut Prieto yang mengerjakan empat desain stadion untuk Piala Dunia 2018.

Baca juga: Stadion Piala Dunia 2018 Didesain Atasi Para Perusuh, PSSI Perlu Belajar Nih!

Prieto menyatakan sering melihat desain stadion yang mirip di seluruh dunia. “Pada akhirnya, kamu melihat lapangan bola yang sama, kamu mendapati tempat duduk seperti mangkuk, tetapi ada variasi dan perbedaan,” ujar Prieto.

“Jadi Anda hanya perlu mendesain fasad. Bentuknya memang umum. Hanya sedikit variasi yang bisa dilakukan untuk fasad,” lanjutnya.

Hmm, kira-kira ada nggak stadion di Indonesia yang mirip dengan stadion di luar negeri. Kalau Stadion Gelora Bung Karno ada kembarannya nggak di luar negeri?

Baca juga: Wow Keren, Semua Stadion Piala Dunia 2018 Bisa Diakses Kaum Disabilitas

Stadion FNB di Afrika Selatan Memiliki Bentuk Eksterior yang Mirip dengan Mordavia Arena di Rusia (Rumah123/Red Bubble)
Bagikan: 1365 kali