Barikade yang Dipasang di Luar Stadion Burnley, Turf Moor (Rumah123/Dezeen)

Serangan teroris sering terjadi di Eropa belakangan ini. Selain serangan bom, ada juga serangan menggunakan kendaraan.

Para teroris membajak mobil, lantas menabrakkannya ke kerumuman massa. Insiden ini terjadi di beberapa kota seperti Barcelona, Spanyol dan Paris, Prancis.

Baca juga: Penembakan Massal di Sekolah Terjadi Lagi, Kamu Masih Mau Sekolah di Amerika?

Setelah insiden ini, sejumlah pemerintah di Eropa ingin membuat sistem keamanan baru untuk mencegah serangan serupa. Ada yang ingin memasang pohon, barikade beton, memasang robot, dan lainnya.

Perusahaan rekayasa teknik asal Inggris, ATG Access merancang sebuah barikade modular yang dapat dipasang kurang dari satu jam. Pemasangan hanya membutuhkan dua orang teknisi dan forklift.

Baca juga: Perangi Teroris di Perkotaan? Lawan Pakai Pepohonan Aja

Barikade ini memiliki nama Surface Guard. Klub Liga Inggris Manchester United telah memasang barikade ini di luar Stadion Old Trafford.

Sekarang giliran klub Liga Inggris lainnya Burnley yang memasang barikade serupa pada bagian luar stadion milik mereka, Turf Moor.

Baca juga: Sekolah untuk Murid Jaman Now Ini Dirancang Anti Teroris Lho!

Meski ada barikade, namun penonton tidak kesulitan untuk lewat karena ada bagian yang dapat diakses. Penonton yang menggunakan kursi roda atau polisi yang menggunakan kuda dapat melintas.

Barikade ini cukup kuat untuk menahan terjangan mobil. Selain itu, barikade ini dapat dibongkar pasang dan dipindahkan ke lokasi lain.

Baca juga: Cegah Serangan Teroris, Klub Bola Manchester United Pasang Barikade di Luar Stadion

Hmm, kira-kira Stadion Gelora Bung Karno perlu nggak ya dipasang barikade seperti ini? Menurut kamu gimana?

Bagikan: 696 kali