cerita luhut dibentak benny moerdani (Sumber: Tribunnews.com)

Puluhan tahun berkarier di dunia militer, membuat Luhut Binsar Pandjaitan banyak makan asam garam termasuk ketika Luhut dibentak Benny Moerdani. 

Bagi pria yang kini menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), sosok Raja Intelijen Indonesia tersebut meninggalkan kenangan mendalam.

Hubungan Luhut dan Benny Moerdani bermula ketika dirinya berpangkat mayor.

Sedangkan seniornya itu, menduduki jabatan sebagai Letjen dan menjabat Asintel Hankam/ABRI.

"Saya mulai kenal beliau sebelum dikirim untuk belajar mengenai pasukan anti-teror di GSG-9, di Jerman Barat," ujar Luhut seperti dilansir dari laman Sindonews.com.

Dalam buku bertajuk 'Tiba-tiba Saya Teringat Pak Benny', Luhut menceritakan bila ia kerap dipanggil oleh atasannya tersebut, untuk melaporkan hasil kemajuan sekolahnya.

Bahkan, tokoh intelijen Indonesia itu tidak segan-segan untuk meneleponnya, dan mengajukan pertanyaan yang mendetail.

Awal Mula Luhut Dibentak Benny Moerdani

luhut pandjaitan dibentak benny moerdani sehingga ciut nyali (Foto: Sindonews.com)

Selepas menyelesaikan pendidikan di Jerman, Luhut dipercaya untuk memimpin pasukan antiteror pertama di Indonesia yakni Detasemen 81 (Den-81) Kopassus.

Oleh karena jabatannya itu, ia pun kian sering menghadap Benny di kantornya, di Jalan Sahardjo, yang kini menjadi Balai Prajurit TNI.

Pada awalnya, Luhut merasa bangga selalu diajak berdiskusi oleh sang jenderal tersebut.

Akan tetapi, lambat laun ia merasa tak enak hati, karena luhut berpikir, hal itu juga akan menjadikan para seniornya tidak senang.

Kejadian Luhut dibentak Benny Moerdani, diawali ketika ia memberanikan diri menanyakan perihal seringnya pemanggilan tersebut.

“Pak, mohon izin, lain kali kalau memanggil saya, bisa kah melalui atasan saya?” tanya lulusan terbaik Akademi Militeri 1970 itu.

Mendengar pertanyaan tersebut, membuat muka jenderal didikan Ali Moertopo itu berubah.

Tak lama kemudian, Benny tiba-tiba membentak. “Luhut!” ucap Benny.

“Saya jenderal bintang empat…!,” kata sang Jenderal asal Blora itu, sambil menunjukkan tanda pangkat di bahu.

Dia kembali meneruskan ucapannya. “Dan kamu Letkol..!,” kata dia keras. Ucapan tegas Benny tak urung membuat nyali Luhut ciut. Dia hanya bisa menjawab siap.

"Sejak saat itu, saya tidak pernah berani menanyakan soal itu," ujar menteri perdagangan di era Presiden Gus Dur tersebut.

Nah, itulah kisah Luhut dibentak Benny Moerdani, yang meninggalkan bekas untuk sosok Menko Marves di era Presiden Jokowi tersebut.

Baca juga ulasan mengenai kisah terkait Jenderal Benny Moerdani yang menarik lainnya, hanya di artikel.rumah123.com.

Bila kamu ingin cari rumah impian, yuk temukan beragam rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com, karena kami #AdaBuatKamu.

Bagikan:
581 kali