Foto: Rumah123/Getty
 

Buat kamu yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Polisi Republik Indonesia (POLRI), yang belum punya rumah, siap-siap ya bakal ada bantuan dari pemerintah untuk punya rumah. Selain harganya terjangkau, ga ada uang muka (DP) dan cicilannya bisa sampai masa pensiun.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menyatakan kesiapannnya dalam mendukung program tersebut. Pasalnya, program ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan rumah melebihi satu juta unit, melebihi target pemerintah.

Baca juga: Rumah Ga Pake DP dan Bisa Dicicil Sampe Lewat Usia Pensiun, Baru Ada Nih!

"Saya kira tahun ini penjualan rumah sudah akan melebihi satu juta, yang nantinya akan dikoordinasi oleh pemerintah, yaitu Kementerian PUPR. Dengan program DP 0 persen ini maka pencapaiannya bisa di atas satu juta," kata Direktur Utama Bank BTN, Maryono, usai mengikuti Festival Kartini di Rembang, Sabtu (21/4/2018).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Rumah123, Maryono menyatakan, di festival tersebut BTN melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menggandeng Kemenristek Dikti. Sebanyak 100 unit komputer diserahkan ke SMAN 1 Rembang pada kegiatan tersebut.

Baca juga: Asyik, PNS Bisa Beli Rumah di Royal Pines

Kembali ke perihal program DP 0 persen, menurut Maryono, Bank BTN akan mendukung penuh program tersebut. Pasalnya, program pemerintah ini memudahkan PNS, TNI, dan POLRI buat punya hunian. Selain itu, langkah ini juga akan mempercepat realisasi Program Satu Juta Rumah yang digagas Pemerintahan Jokowi-JK.

"Program satu juta selama tiga tahun ini konsentrasinya adalah rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dengan program ini nantinya akan ditingkatkan untuk masyarakat non-MBR, khususnya untuk PNS, TNI, POLRI yang akan diberikan kemudahan dan fasiltas sehingga akan memudahkan percepatan untuk program satu juta rumah," kata Maryono.

Baca juga: Rumah DP Nol Rupiah Buat PNS dan TKK di Kota Bekasi, Mau?

Kalau angsurannya bisa mencapai 30 tahun dengan melibatkan PT Taspen (Persero), maka bunga KPR-nya bisa lebih rendah dibandingkan bunga KPR komersial. Perlu juga dilakukan kajian bersama dengan BP Tapera mengenai skema untuk meringankan uang muka KPR bagi PNS, TNI dan Polri ini.

"Skema Tapera ada dua, yaitu bisa membantu uang muka debitur seringan mungkin dan bisa membantu perbankan dalam menetapkan suku bunga yang lebih rendah, karena nantinya tidak menggunakan dana APBN seperti fasilitas MBR," kata Maryono lagi.

Baca juga: Ada Bantuan DP dari Tapera bagi Kamu yang PNS, Mau?

Meski program ini masih dalam tahap kajian mengenai skema dan pengimplementasiannya, tapi plafon yang diberikan bisa mencapai Rp1 miliar. Jenis huniannya pun bisa berupa rumah tapak maupun hunian vertikal.

"Kita lihat banyak pegawai negeri yang golongan eselon satu dan dua banyak yang belum memiliki rumah," kata Maryono.

Kalau BTN sudah siap mendukung, kamu jangan ragu untuk ikut program ini. Kapan lagi punya rumah? Siap-siap ya!

Bagikan: 1169 kali