Rumah dari Material Plastik yang Didesain oleh AZL Architects (Rumah123/Dezeen)

Dua rumah ini memang berbanding terbalik. Rumah utama merupakan rumah jadul yang biasa ada di pedesaan China, sementara rumah kecil yang berada di depannya memang rumah futuristik.

Rumah utama ini memang tipikal rumah yang ada di kawasan pedesaan China. Rumah ini berada di desa Shanyinwu, Tonglu, Hangzhou, China.

Baca juga: Wow, Ini Tempat Rehat Para Petualang Berdesain Futuristik

Rumah seperti ini biasanya dibangun puluhan tahun lalu, namun biasanya sudah direnovasi. Rumah jadul ini memiliki tiga lantai.

Sementara rumah baru yang berukuran kecil terbuat dari bahan plastik yang dicetak secara tiga dimensi (3D printed). Material plastik yang digunakan membuat rumah seperti bersinar benderang.

Baca juga: Mau Lihat Stadion Futuristik dan Eco-Friendly dengan Material Kayu?

Biro arsitek AZL Architects yang mendesain rumah dari material plastik ini. AZL Architects memiliki kantor pusat di Nanjing, China.

Klien AZL Architects merupakan wanita pengusaha lokal yang menginginkan hunian miliknya bisa merepresentasikan nilai dari bisnis penginapan miliknya dan juga mempromosikan ide pembangunan kawasan pedesaaan yang berkelanjutan.

Baca juga: Kantor Produsen Mobil Elektrik yang Futuristik

Material plastik yang bersinar terang ini pada rumah baru memang berbeda dengan material batu pada rumah baru. Benar-benar terkesan kontras ya?

Rumah baru ini memang berdesain sederhana. AZL Architects memesan 400 unit blok plastik dari tiga pemasok berbeda dari Beijing dan Nanjing. Dua tukang bangunan tidak berpengalaman bisa mengerjakan rumah kecil ini hanya dalam waktu tiga hari saja.

Baca juga: Desain Akuarium Futuristik Ini Terinspirasi dari Batu, Wah Yang Bener Nih?

Struktur dan desain sederhana dari bangunan memang ditujukan untuk memperlihatkan kalau proses membangun secara modern bisa dilakukan meski kekurangan tenaga terampil dan manajer proyek yang profesional di kawasan pedesaan.

“Material yang transparan dan tekstur dari paviliun ini memang benar-benar kontras dengan volume berat dari rumah dari material batu,” ujar AZL Architects kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Dekorasi Hunian dengan Sentuhan Futuristik, Tertarik?

Kalau di Indonesia, mungkin kamu mau membuatnya juga? Mungkin kamu ingin memadukan rumah dari material plastik dengan rumah tradisional seperti Joglo atau Gadang?

Rumah dari Material Plastik yang Didesain oleh AZL Architects (Rumah123/Dezeen)
Rumah dari Material Plastik yang Didesain oleh AZL Architects (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 733 kali