Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Hasil Sentiment Survey yang dilangsungkan oleh Rumah123 beberapa waktu lalu mengungkapkan kalau ada 52,13 persen dari lebih dari 4.000 responden yang kesulitan untuk membayar uang muka rumah (downpayment/DP).

Sebenarnya, kesulitan membayar uang muka hunian ini tidak ada lagi terutama bagi kaum pekerja dengan adanya manfaat layanan tambahan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Wah, Mudahnya Developer Dapatkan Kredit Konstruksi dari BPJS

BPJS Ketenagakerjaan telah merilis program perumahan, salah satunya memberikan kemudahan untuk membayar DP yaitu Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP).

“PUMP itu termasuk manfaat layanan tambahan, sesuai dengan ketentuan BI, penerima PUMP itu hanya rumah subsidi, terbatas untuk rumah subsidi,” ujar Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja kepada Rumah123 di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan di kawasan Gatot Subroto, Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca juga: Buat Para Pekerja, Manfaatkan Dong KPR dari BPJS

Utoh memaparkan kalau jangka waktu kredit PUMP ini maksimum 15 tahun. Sedangkan untuk suku bunganya berdasarkan BI Repo Rate plus 3 persen yaitu menjadi 7,75 persen. Saat ini, BI Repo Rate ditetapkan sebesar 4,75 persen sejak April 2017.

Proses persyaratan untuk mendapatkan PUMP ini, pemohon kredit merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal satu tahun dan tertib administasi pembayaran iuran.

Baca juga: Kredit Konstruksi BPJS Diharapkan Bisa Penuhi Pasokan Perumahan Pekerja

Utoh menyatakan kalau peserta tidak tertib dalam administrasi, maka peserta bisa gagal untuk mendapatkan kredit.

Pemohon kredit hanya perlu mendatangi bank untuk mendapatkan PUMP ini. Utoh menyatakan kalau perbankan akan melakukan verifikasi dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Bagikan: 5289 kali