Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Kenaikan gaji tidak pernah sebanding dengan kenaikan harga hunian. Sering kali, gaji naik cukup banyak pun tidak dapat mengejar kenaikan harga rumah yang berlari kencang.

Banyak hal yang dilakukan oleh orang untuk bisa mendapatkan uang muka (down payment) dan juga membayar cicilan rumah (kredit pemilikan rumah atau kredit pemilikan apartemen). Mereka harus bekerja lembur, melakukan pekerjaan sampingan, dan lainnya.

Baca juga: Kenaikan Harga Hunian Mewah Tembus 35 Persen, Buruan Investasi Properti!

Sebuah laman penghitung harga HowMuch.net mengkalkulasikan berapa jam kerja yang dilakukan oleh orang Amerika Serikat kebanyakan untuk membayar cicilan rumah.

HowMuch.net memanfaatkan data dari Biro Sensus AS dan laman properti Zillow. Laman ini melakukan penghitungan pada 98 kota besar di AS.

Baca juga: Kenaikan Capai Dua Digit, Pertumbuhan Pasar Hunian Mewah Melambat

Laman ini menggunakan standar kerja 40 jam untuk mengkalkulasikan rata-rata jam kerja yang dilakukan orang dan membandingkan antara pendapatan dengan jam kerja karyawan. Sedangkan untuk harga rumah digunakan skema pinjaman 30 tahun.

Jumlah jam kerja sebanyak 40 jam ini didapatkan dari 5 hari kerja dari Senin hingga Sabtu dan setiap karyawan bekerja 8 jam sehari. Jadi 5 hari dikalikan 8 jam sehari, hasilnya 40 jam kerja dalam satu pekan.

Baca juga: Gaji Kecil, PHK, dan Inflasi Bikin Penjualan Hunian Turun Drastis

Hasilnya memang mencengangkan. Ada tiga kota di AS yang karyawan harus bekerja lebih dari 100 jam agar bisa membeli hunian.

Pekerja di Los Angeles harus bekerja 112 jam, di Miami 109 jam, serta di San Francisco 107 jam. Sementara di beberapa kota lainya, pekerja juga harus banting tulang hingga dua kali lipat jam kerja normal seperti di Boston yang mencapai 95 jam dan Oakland 83 jam.

Baca juga: Di Sini Ada 625 Ribu Orang yang Punya Rumah Seharga Rp17,5 Miliar! Mau Gabung Ga?

Angka ini memang mencengangkan. Bahkan bila dibandingkan dengan warga New York yang hanya perlu bekerja 50 jam seminggu.

HowMuch.net menyatakan kalau sebenanrnya gaji para pekerja di sejumlah kota memang tinggi. Namun, harga hunian malah jauh lebih tinggi.

Baca juga: Harga Sewa Hunian Jakarta Lebih Mahal dari Hong Kong?

Meski begitu, ada sejumlah kota yang bisa membuat para pekerja tidak perlu kerja rodi untuk membeli hunian. Di antaranya Toledo yang hanya perlu 17 jam dan Memphis cuma 18 jam.

“Tempat terbaik sepertinya kota industri lawas seperti Toledo dan Memphis. Benar sekali, Anda tidak perlu capek-capek bekerja usai makan siang setelah hari Rabu untuk mendapatkan banyak uang supaya bisa mencicil. Hmm, standar hidup yang luar biasa,” ujar Raul Amoros dari HowMuch.net seperti dikutip oleh Market Watch.

Baca juga: Diklaim Paling Murah Sedunia, Para Penyewa Hunian di Kota Ini Protes

Kerja 112 jam buat punya uang muka dan mencicil rumah? Ini sama saja kamu kerja seharian penuh selama 5 hari. Kamu bekerja lebih dari 22 jam sehari! Kapan tidurnya?

By the way, kalau di Indonesia ada nggak ya riset seperti ini? Jadi penasaran, berapa jam kerja yang mesti dilakukan seorang karyawan dalam satu pekan agar bisa memiliki DP dan dapat mencicil rumah.

Bagikan: 1349 kali