Kereta Mass Rapid Transit (MRT) yang baru tiba, dikandangkan di Depok Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (12/4/2018). Foto: rumah123/Jhony Hutapea
 

Udah ga sabar pengen merasakan naik MRT (Mass Rapid Transit)? Ga lama lagi kok! Pasalnya, set pertama berjumlah 12 kereta MRT udah nyampe hari ini (Rabu, 4/4/2018) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Hadirnya kereta yang dikirim dari Pelabuhan Toyohashi di Jepang itu nantinya akan menjadikan transportasi di Jakarta bagaikan di Singapura. Tak hanya akan meningkatkan mobilitas penggunanya, MRT Jakarta juga akan bermanfaat tambahan, yakni perbaikan kualitas udara dan solusi mengatasi kemacetan. Tentu saja kalau masyarakat Jabodetabek beralih dari bawa kendaraan pribadi ke transportasi publik.

Baca juga: Siap-Siap, MRT Bakal Beroperasi Melancarkan Mobilitasmu di Jakarta!

Seperti dikutip dari finance.detik.com, Rabu (4/4/2018), proses penurunan kereta dari kapal kargo akan dilaksanakan pada Kamis (5/4/2018) atau esok hari. Selanjutnya, proses pengiriman ke Depo Lebak Bulus akan dilaksanakan menggunakan multi-axle trailer. Proses pengiriman berlangsung hingga Minggu (8/4/2018) sejak pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Kereta MRT Jakarta ini merupakan kereta baru buatan perusahaan kereta api Nippon Sharyo, Jepang. Untuk 14 set rangkaian berikutnya akan dikirim pada akhir Juni. Ditargetkan pada akhir Oktober 2018 seluruh 16 set rangkaian kereta MRT akan tiba di Jakarta dan disiapkan untuk rangkaian proses trial run. Pada fase pertama ini, PT MRT Jakarta menyiapkan 16 set rangkaian kereta, yang 14 set rangkaian akan dioperasikan, sedangkan yang 2 set sebagai cadangan.

Baca juga: Melongok Rupa MRT Jakarta Saat Ini

Catat ya, MRT Jakarta akan beroperasi pada pukul 05.00 hingga 24.00 WIB dengan rentang waktu antarkereta adalah lima menit pada jam sibuk.

Kalau di Singapura, MRT sudah beroperasi sejak 1987 dan menjadi sistem angkutan massal cepat tertua ke-2 di Asia Tenggara setelah sistem LRT di Manila, Filipina. MRT menjadi tulang punggung sistem kereta api yang membentang sepanjang Negara Kota Singa itu.

Bagikan: 998 kali