kereta cepat jakarta surabaya- rumah123.com Ilustrasi Kereta Cepat. Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Akan Segera Dibangun. Kereta Cepat Ini Akan Memiliki Kecepatan Hingga 160 Kilometer Per Jam dan Bisa Sampai Hanya Dalam Waktu 5,5 Jam. Tiket Diperkirakan Hanya Rp400 Ribu (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan segera dibangun. Jarak tempuh kedua kota hanya 5,5 jam. Tiketnya diperkirakan hanya Rp400.000 saja.

Pemerintah Indonesia dan Jepang telah menandatangani perjanjian awal pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Sejumlah media menuliskan kereta semi cepat atau kereta kencang.

Indonesia diwakili oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sementara Jepang diwakili oleh JICA (Japan International Cooperation Agency).

Baca juga: Indonesia-Jepang Sepakat Kerja Sama Bangun Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Situs berita online CNNIndonesia.com melansir bahwa JICA atau Badan Kerja Sama Internasional Jepang bakal bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam melaksanakan survei persiapan tahap awal.

Survei tahal awal ini dilakukan hingga Oktober 2020 mendatang. Tahap selanjutnya, Pemerintah Indonesia akan melaksanakan pembebasan lahan pada periode 2022.

Setelah tahap pembebasan lahan, proses konstruksi atau pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ditargetkan dimulai pada 2022. Pembangunan ditargetkan berlangsung selama dua tahun.

Baca juga: Oktober 2019, Penumpang Bisa Naik Turun Kereta Bandara Soekarno Hatta di Stasiun Manggarai

Pemerintah menargetkan kalau rute Jakarta-Cirebon sudah bisa beroperasi pada 2024. Sementara untuk rute Jakarta-Surabaya diproyeksikan selesai pada 2025.

Jarak Tempuh Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Hanya 5,5 Jam

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan nantinya Kereta Cepat Jakarta-Surabaya bisa menempuh waktu hanya 5,5 jam saja. Jarak kedua kota ini sekitar 718 kilometer.

Saat ini, kereta Jakarta-Surabaya menempuh waktu sekitar sembilan (9) jam. Waktu tempuh dapat dipangkas hingga 3,5 jam atau 3 jam 30 menit. Durasi waktu yang dipangkas termasuk signifikan.

Nantinya, kereta ini dapat melaju dengan kecepatan antara 140 hingga 160 kilometer per jam. Kereta bisa mencapai kecepatan tinggi dan bisa memangkas waktu tempuh kalau tidak banyak berhenti.

Baca juga: Kereta Bandara Solo Akan Beroperasi Pada Oktober 2019

Menteri Perhubungan sempat menyatakan kereta cepat hanya berhenti di Cirebon, Jawa Barat dan Semarang, Jawa Tengah.

Rencananya, ada 54 perjalanan pergi pulang kereta cepat dalam satu hari. Dalam satu rangkaian kereta, kereta cepat bisa mengangkut 900 orang.

Tiket Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Diperkirakan Rp400 Ribu

Tiket atau tarif Kereta Cepat Jakarta-Surabaya diperkirakan antara Rp400 ribu hingga Rp450 ribu. Bandingkan kalau harga tiket pesawat kelas ekonomi dari Jakarta-Surabaya sekitar Rp600 ribu hingga Rp700 ribu.

Nilai ini sudah memperhitungkan perkiraan atau prediksi jumlah investasi. Biaya pembangunan kereta cepat ini diperkirakan menelan biaya Rp60 triliun. Budi menyatakan biaya pembangunan bisa naik. Jika naik, maka tarif atau tiket kereta cepat juga naik.

Pembangunan kereta cepat ini memang akan mengeluarkan biaya banyak. Ada kemungkinan kereta didesain melayang agar bisa melaju kencang. Pastinya, ada ratusan flyover yang dibuat karena ada hampir 2.000 perlintasan sebidang.

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ini akan menjadi alternatif moda transportasi baru bagi masyarakat. Budi menegaskan kalau kereta cepat tidak akan mematikan pangsa pasar pesawat terbang. Ada masyarakat yang senang menggunakan kereta, ada juga yang lebih memilih menggunakan pesawat terbang.

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Akan Segera Terwujud

Bagikan: 5787 kali