Ilustrasi Kereta Api. PT Kereta Api Indonesia Mengoperasikan Kereta Bandara Dari Yogyakarta ke Bandara Internasional Yogyakarta Sejak Senin, 5 Mei 2019. Jadwal Kereta Ini Masih Terbatas. Tarif Kereta Ini Adalah Rp15.000 (Foto: Rumah123/Getty Images)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah resmi mengoperasikan kereta Bandara Internasional Yogyakarta sejak Senin (05/06/2019). Bagi kamu yang mudik ke Yogyakarta dan sekitarnya, manfaatkan kemudahan transportasi massal ini ya.

Beroperasinya kereta bandara ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para penumpang pesawat yang datang dari atau menuju Yogyakarta. Kebetulan, bandara juga beroperasi pada hari yang sama.

“Angkutan Kereta Bandara Internasional Yogyakarta ini kami maksudkan agar masyarakat dapat mengandalkannya sebagai moda transportasi terintegrasi, sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu,” ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro seperti dikutip dari Kumparan.com.

Baca juga: 2019, Commuter Line Tambah 192 Unit Kereta, Kamu Sudah Naik Transportasi Massal Belum?

Kereta Bandara Yogyakarta ini melayani rute Stasiun Maguwo-Wojo pp (pergi pulang). Kereta ini akan menempuh jarak sekitar 49,1 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 47-51 menit.

Kereta ini akan berhenti di empat stasiun saja. Stasiun yang disinggahi adalah Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo. Untuk tarif, penumpang dikenakan biaya Rp15.000.

Sayangnya, lantaran baru beroperasi, PT KAI hanya mengoperasikan kereta bandara ini hanya satu kali perjalanan baik dari Wojo atau pun Maguwo. Apalagi belum banyak maskapai penerbangan yang memindahkan rute penerbangannya dari Adi Sutjipto ke bandara baru.

Baca juga: Commuter Line Akan Datangkan Ratusan Kereta Pada 2019, Ayo Beli Rumah Dekat Stasiun

Maskapai penerbangan yang sudah hadir di bandara ini adalah Citilink, anak perusahaan Garuda Indonesia. Namun, pengelola bandara memastikan bahwa seluruh penerbangan tambahan saat mudik Lebaran akan mendarat di bandara ini.

Selain itu, rute kereta bandara belum sampai di bandara baru. Setelah sampai di Stasiun Wojo, penumpang masih harus naik Bus Damri untuk menuju Bandara Internasional Yogyakarta.

Sebenarnya, rute kereta bandara ini masih sementara. PT Kereta Api Indonesia masih menyelesaikan pembangunan rel menuju bandara Internasional Yogyakarta.

Baca juga: Penumpang KRL Commuter Line Diizinkan Buka Puasa di Dalam Kereta

Bagi kamu yang berencana mudik atau mungkin berlibur ke Yogyakarta saat Idul Fitri 1440 Hijriah, kamu mesti bersiap ya. Apakah akan menggunakan kereta bandara, bus Damri, naik taksi, atau menyewa mobil?

Selama bulan Ramadan 2019 ini, Rumah123.com menyajikan sejumlah artikel menarik terkait puasa, mudik, dan lainnya.

Bagikan: 469 kali