kereta bandara adi soemarmo solo- rumah123.com Ilustrasi Penumpang Kereta. Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo Mulai Beroperasi. Rutenya Menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dengan Stasiun Solo Balapan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo mulai beroperasi pada akhir Desember 2019. Layanan ini menjadi kereta bandara kelima di Indonesia.

Para penumpang yang ingin pergi ke Solo atau berangkat dari Solo, semakin dimudahkan dengan keberadaan Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo. Kereta bandara ini sudah mulai beroperasi.

Laman berita online Kompas.com melansir bahwa soft launching telah dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Boyolali Seno Samodro, dan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Baca juga: Jalur Layang Kereta Bandara Kualanamu Mulai Dioperasikan

Selain itu, hadir juga Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, serta General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Abdullah Usman.

Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo ini resmi beroperasi mulai Minggu, 29 Desember 2019. Para penumpang bisa menggunakannya secara gratis selama dua bulan hingga Februari 2020.

PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) belum mengumuman tarif resmi. Penentuan tarif akan dilakukan kedua perusahaan.

Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo Memiliki Jarak Tempuh Sejauh 12,9 Kilometer

Saat ini, rute Bandara Adi Soemarmo Solo baru memiliki satu rute. Rute ini adalah Bandara Adi Soemarmo menuju Stasiun Solo Balapan (pergi pulang).

Nantinya, pengelola akan membuka dua rute tambahan. Rute tersebut adalah Bandara Adi Soemarmo menuju Yogyakarta dan Kutoarjo. Kutoarjo merupakan sebuah kota kecil yang berada di Jawa Tengah.

Rute ini memiliki jarak sejauh 12,9 kilometer. Waktu tempuh kedua tempat ini sekitr 20 menit saja. Kereta bandara akan memiliki 60 jadwal perjalanan setiap hari.

Baca juga: Kereta Bandara Surabaya Akan Dibangun Pada 2021

Jarak kedatangan antar kereta atau headway sekitar 37 menit hingga 45 menit. Setiap rangkaian kereta mempunyai empat gerbong. Secara keseluruhan, kereta ini mempunyai kapasitas 206 tempat duduk.

Gerbong kereta memiliki kursi khusus penyandang disabilitas. Ada juga fasilitas lengkap untuk pengikat kursi roda. Fasilitas lainnya adalah toilet ramah lingkungan, rak bagasi, soket listrik, televisi layar datar, keamanan via kamera CCTV.

Jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan ke Stasin Bandara Adi Soemarmo dimulai pada pukul 04.25 WIB, sementara kereta terakhir berangkat pukul 23.14 WIB.

Baca juga: Oktober 2019, Penumpang Bisa Naik Turun Kereta Bandara Soekarno Hatta di Stasiun Manggarai

Sedangkan jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan dimulai pada pukul 04.53 WIB, sedangkan kereta terakhir berangkat pada pukul 23.42 WIB.

Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo Jadi Kereta Bandara Kelima di Indonesia

Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo ini menjadi kereta bandara kelima yang beroperasi di Indonesia. Pembangunan kereta bandara ini dimulai sejak 2017.

Kereta bandara yang pertama kali beroperasi adalah Kereta Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara. Selanjutnya, adalah Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Bandara selanjutnya yang memiliki kereta bandara adalah Bandara Internasional Minangkabau di Padang, Sumatera Barat. Selain itu, ada juga kereta bandara di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sumatera Selatan.

Baca juga: Kereta Bandara Rute Stasiun Bekasi-Bandara Soetta Tidak Lagi Beroperasi

Bagikan: 1415 kali