Masjid Sheikh Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (Rumah123/iStockphoto)

Masjid Agung Sheikh Zayed atau Grand Mosque Sheikh Zayed ini menjadi salah satu masjid terindah di dunia. Masjid ini berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Pembangunan masjid ini dimulai sejak 1996 dan selesai pada Desember 2007. Saat selesai, sang penggagas masjid yaitu Zayed bin Sultan Al Nahyan malah sudah meninggal pada 2004.

Baca juga: Google Kenang Karya Arsitektur Si Ratu Lekukan asal Inggris

Dia adalah penguasa Uni Emirat Arab terlama dari 1971 hingga 2004. Dia menginginkan adanya sebuah pusat kebudayaan Islam yang menghargai seni dan arsitektur.

Masjid ini memang tergolong besar dengan bisa menampung 41.000 jamaah. Masjid ini memiliki 82 menara dengan tujuh ukuran berbeda.

Baca juga: Bangunan Casa Vicens Beneran Instagramable Lho!

Desain masjid ini terinspirasi dari bangunan serupa di Persia, desain Mughal dari India, masjid di Mesir, hingga gaya arsitektur masjid di India.

Namun, bentuk kubah dan lantai masjid ini memang terinspirasi dari Masjid Badsashi di Pakistan. Sementara desain bagian lainnya bergaya Arab klasik dan Moor atau Afrika Utara.

Baca juga: Kejayaan Kesultanan Bengal Menginspirasi Desain Masjid di Bangladesh

Masjid terlihat megah dengan aplikasi cat putih pada interior dan eksterior. Masjid ini juga menjadi refleksi kemegahan penguasa Uni Emirat Arab.

Dalam masjid ini terpasang karpet terbesar di dunia dengan ukuran mencapai lebih dari 5.600 meter persegi. Untuk membuatnya, dibutuhkan 1.300 pekerja.

Baca juga: Desain Masjid Ini Terinspirasi dari Rumah Nabi Muhammad SAW

Tujuh lampu gantung dipasang di masjid ini. Lampu ini dihiasi berlian Swarovski. Arsitek spesialisasi lampu asal Inggris, Speirs and Major Associates mendesain penataan lampu masjid.

Kalau kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Uni Emirat Arab, luangkan waktu untuk mengunjungi masjid yang menjadi landmark negara ini.

Bagikan: 2688 kali