moeldoko banser

Dalam satu kesempatan, Moeldoko menyebut bahwa Banser layak menjadi pasukan cadangan perang. Kira-kira karena hal apa, ya?

Hal tersebut diucapkan oleh Moeldoko pada Februari tahun 2020 lalu saat membuka Apel Kebangsaan dan Pembukaan Banser Pimpinan di Pasuruan, Jawa Timur.

Kira-kira, apa yang membuat mantan Panglima TNI yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP) melontarkan pernyataan tersebut?

Alasan Moeldoko Sebut Banser Layak Menjadi Pasukan Cadangan Perang: Punya Loyalitas dan Integritas

moeldoko wartabromo.com

Mengutip laman bisnis.com, bagi Moeldoko Banser mempunyai integritas dan loyalitas terhadap bangsa Indonesia.

Atas dasar hal itu, Moeldoko sepakat jika banser layak menjadi komponen cadangan pertahanan negara.

“Saya tidak sangsi soal loyalitas dan integritas kalian terhadap bangsa. Jika ada potensi komponen cadangan, saya setuju Banser bisa jadi komponen cadangan,” ujar Moeldoko.

Masih mengutip laman m.bisnis.com, akan tetapi agar Banser siap menjadi komponen cadangan perang, mereka harus dilatih banyak hal. Termasuk fisik, mental, dan penggunaan senjata.

“Kalau di tentara ini ibarat Sesko, jadi saya baru tahu Banser juga punya struktur pelatihan yang baik dari tingkat dasar hingga tinggi. Ini menyiapkan pemimpin masa depan,” terangnya.

Peran Banser Bukan untuk Ikut Terlibat ‘Perang’

Mengenai peran atau fungsi Banser, Direktur NU Online, Savic Ali mempunyai pandangan lain.

Menurutnya, Banser yang acapkali berlatih, bukan justru untuk ikut terlibat perang.

Akan tetapi, dengan jumlah dan intensitas latihan yang dilakukan Banser, membuat mereka yang mencoba melakukan propaganda buruk di Indonesia harus berpikir dua kali.

“Jadi kalau Banser latihan, jangan ditanya kapan perangnya. Ini pertanyaan keliru. Justru karena Banser terus latihan dan jumlah yang terus bertambah, mereka yang mencoba memaksakan ideologi kelompoknya di negara Pancasila ini berpikir dua kali untuk menjalankan propagandanya,” ujar Savic, pada tahun 2019 silam, dilansir laman nu.or.id.

Pengertian Komponen Cadangan

Di luar pembahasan banser layak menjadi pasukan cadangan perang atau tidak, mungkin kamu pun jadi bertanya; apa itu komponen cadangan?

Melansir laman komcad.kemhan.go.id, Komponen cadangan adalah Sumber Daya Nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Bahkan masyarakat sipil biasa bisa mendaftarkan diri menjadi komponen cadangan. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

***

Semoga bermanfaat, ya.

Baca artikel menarik lainnya di artikel.rumah123.com.

Lihat terus rumah123.com untuk mendapatkan banyak kemudahan dalam memenuhi seluruh kebutuhan properti karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Kota Baru Parahyangan menjadi alternatif tepat jika kamu sedang mencari hunian nyaman yang dekat pusat Kota Bandung.

Cek sekarang juga!

Bagikan:
413 kali