Foto: Rumah123/iStock
 

Salah satu penyebab milenial ga bisa beli hunian disinyalir karena ga bisa menabung. Ke mana uang mereka? Selain untuk membiayai gaya hidup yang tak murah, sebut saja beli gadget terbaru, travelling, nongkrong di kafe dan mal, ada satu hal lagi yang menyusutkan isi kantong mereka yakni ‘menyumbang’ ke perusahaan-perusahan besar berskala dunia. Lho kok? Emang Iya? Emangnya kamu juga gitu?

Coba inget-inget deh, tanpa kamu sadari setiap hari ada aja produk dari 10 perusahaan besar di dunia yang kamu konsumsi. Tampaknya ini perkara sepele buat para milenial, tapi tak begitu untuk 10 perusahaan besar tersebut. Harga produk mereka memang tak seberapa alias terjangkau bagi kebanyakan milenial. Tapi, kalau belinya setiap hari dan cakupan pembelinya seluruh dunia?

Baca juga: Disiplin Menabung, Kunci Tercapainya Dana DP Rumah

Ya, betul sekali. Perusahaan-perusahaan tersebut terus saja menjadi kaya, sementara kamu, para milenial, mau beli rumah saja susah. Bukan karena tak ada duitnya, tapi duitnya tak bersisa lagi untuk ditabung sedikit pun. Jajan camilan, misalnya, susah sekali untuk dihentikan. Padahal, kalau kamu bisa mengontrol pengeluaranmu, maka 10 perusahaan besar itu tak akan bisa mengontrol kamu.

Mau tahu buktinya? Mari kita lihat dari time.com (07/04/2017) yang melansir dari Business Insider, disinyalir di dunia ini hanya 10 perusahaan yang menguasai hampir semua merek makanan dan minuman besar. Perusahaan tersebut yakni: Nestlé, PepsiCo, Coca-Cola, Unilever, Danone, General Mills, Kellogg's, Mars, Associated British Foods, dan Mondelez. Masing-masing perusahan tersebut menghasilkan miliaran dolar Amerika setiap tahunnya.

Baca juga: Susah Menabung? Nah, Inilah Waktunya Meramal Keuanganmu!

Kamu, kaum milenial, mungkin ga sadar bahwa sebenarnya merek-merek besar perusahan tersebut yang pegang kendali atas apa yang kamu beli. Jadi, meleklah! Ketimbang jajan camilan mulu setiap hari, mending uangnya ditabung untuk uang muka (DP) rumah yang ingin kamu beli. Ok?

Bagikan: 2869 kali