Ilustrasi Lampion (Foto: Rumah123/NBC News.com)

Dalam perayaan Tahun Baru China atau Imlek, warna merah mendominasi. Dekorasi, pakaian, lampion, dan lainnya berwarna merah. Kenapa Imlek identik dengan warna merah?

Jelang Imlek, mereka yang merayakannya akan menghiasi rumah dengan dekorasi berwarna merah. Salah satu yang mencolok adalah lampion berwarna merah.

Orang juga mengenakan pakaian berwarna merah atau setidaknya ada ada aksen merah. Selain itu, mereka memberikan angpau dalam amplop berwarna merah.

Baca juga: Apa Aja Sih Tradisi Perayaan Imlek? Yuk, Cari Tau

By the way, angpau biasanya diberikan oleh orang yang lebih tua kepada yang lebih muda atau mereka yang sudah menikah kepada yang belum menikah.

Warna merah memang identik dengan perayaan Tahun Baru China. Bagi masyarakat China, warna merah merupakan warna utama perayaan Tahun Baru.

Warna merah diyakini sebagai warna yang positif. Menurut tradisi masyarakat China, warna merah merupakan simbol kebahagiaan, kesuksesan, keindahan, serta keberuntungan.

Baca juga:  Mau Tau Kenapa Selalu Ada Kembang Api dan Barongsai Saat Imlek

Nggak hanya itu lho, warna merah juga menjadi simbol kekuatan untuk menolak sial. Jangan heran kalau tradisi memberikan angpau dalam amplop merah.

Pemberian amplop saat Imlek berarti memberikan dan mendoakan kebahagiaan, kesuksesan, keindahan, dan keberuntungan bagi sang penerima.

Makanya nih, warna merah seperti menjadi suatu keharusan atau kewajiban. Bisa dilihat kan kalau saat Imlek, semuanya didominasi warna merah.

Baca juga:  Kalau Imlek, Biasanya Ada Makanan Apa Aja Ya

Bagikan: 6539 kali