Pekerja menyelesaikan rumah contoh di Citra Maja Raya, Lebak, Banten. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen bersama empat pengembang properti untuk membangun sebuah kota di Maja, Kabupaten Lebak, Banten.

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Hermanto Dardak, menuturkan, pengembangan kota baru tersebut adalah upaya dalam menciptakan kota yang produktif dengan pembangunan yang berkelanjutan.

"Kami sudah sepakat dengan empat pengembang untuk bangun kota baru di Maja. Jadi, mereka mau bangun, kami dukung dengan pembangunan infrastruktur jalan, tapi tanahnya mereka yang sediakan," kata Dardak, di Jakarta, Senin (13/6) seperti dikutip dari Okezone.

Baca juga: Citra Maja Raya Berharap Kembangkan Maja

Keempat pengembang tersebut adalah PT Hanson International Tbk, PT Agung Podomoro Land Tbk, PT Eureka Prima Jakarta Tbk, dan Perumnas. Total lahannya seluas 3.000 hektar.

"Itu infrastruktur sementara jalan, kami lihat apa lagi kebutuhan selanjutnya, semisal air, tapi intinya itu jadi kota baru lingkupnya hampir tiga ribu dari pengembang saja," ujarnya.

Menurut Dardak, dengan basis ekonomi industri dan manufaktur industri, Maja memiliki potensi untuk menjadi kota baru. Target pengembangan Maja mencapai 10.000 hektar lebih.

"Kalau ditotal, 10 ribu lebih kota barunya, kami ingin bangun permukiman besar, pengembang bisa bangun tidak hanya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), tapi rasionya harus 1:3:6," tuturnya. (Wit)

Bagikan:
1591 kali