Ilustrasi Bus. Transpatriot Bekasi Berencana Menambah Rute dan Armada Setelah Mendapatkan Hibah dari Kementerian Perhubungan (Foto: Rumah123/REA Group Australia)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghibahkan 21 bus kepada Pemerintah Kota Bekasi. Setelah hibah ini, Pemkot Bekasi berencana untuk menambah rute Transpatriot Bekasi.

Sebelumnya, Kemenhub menghibahkan 67 bus kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Lantas Pemprov menyerahkan bus-bus tersebut kepada pemerintah kota dan kabupaten.

Kota yang menerima bus hibah itu selain Bekasi adalah Tasikmalaya dan Banjar. Sementara kabupaten yang menerima adalah Pangandaran, Kuningan, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, dan Indramayu.

Baca juga: Mau Tahu Bedanya Transpatriot dengan Transjakarta

“Kami kaji dulu, apakah bus ini dioperasikan ke rute yang sudah ada atau kami buka rute baru nanti. Kami akan rapat dulu seperti apa polanya, sementara kami urus administrasi busnya dulu,” ujar Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Fatikhun seperti dikutip oleh Kompas.com.

Fatikhun menyatakan pengkajian rute baru dapat dilaksanakan dengan memperhitungkan ukuran dan spesifikasi bus hibah. Kemenhub memberikan bus dengan ukuran besar jika dibandingkan dengan bus Transpatriot.

Bus hibah ini memiliki pintu di tengah, mirip dengan bus Transjakarta. Sebelum dioperasikan, tentunya harus ada penyesuaian dengan halte Transpatriot.

Baca juga:  Berapa Sih Tarif Transpatriot Bekasi?

Saat ini, Transpatriot baru memiliki dua rute yaitu Terminal Bekasi-Harapan Indah dan Harapan Indah-Terminal Bekasi. Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) menjadi pengelola Transpatriot.

Rute Terminal Bekasi-Harapan Indah berhenti di 21 halte, sementara rute sebaliknya hanya berhenti di 13 halte. Bus Transpatriot beroperasi dari pukul  05.00 hingga 21.00 WIB.

Buat kamu yang tinggal di Bekasi, asyik nih kalau jumlah bus Transpatriot bakal ditambah. Begitu juga dengan rutenya, bakal diperbanyak. Mulai dari sekarang, yuk biasakan naik transportasi massal.

Baca juga:  Ternyata, Penumpang Transpatriot Bekasi Belum Penuhi Target Operator

Bagikan: 881 kali