Black Tower yang Didesain oleh Richard Meier (Rumah123/Dezeen)

Arsitek asal Amerika Serikat, Richard Meier sudah merilis beberapa gambar dan rancangan gedung pencakar langit Black Tower.

Menara pencakar langit ini berada di New York, Amerika Serikat. Black Tower berada persis di seberang markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca juga: Frank Llyod Wright, Maestro Penggagas Arsitektur Organik

Gedung ini berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi dan memiliki 42 lantai. Black Tower menjadi gedung tertinggi yang pernah dirancang Meier di New York.

The Black Tower merupakan apartemen yang terdiri 408 unit apartemen dan 148 unit kondominium. Selain itu, ada unit ritel pada lantai dasar.

Baca juga: Museum Shenzhen Ini Jadi Representasi Desain Tiongkok di Level Internasional

Ada yang sedikit berbeda dari Black Tower dibandingkan dengan bangunan yang pernah didesain oleh Meier.

Menara pencakar langit ini memiliki fasad berwarna hitam. Hal ini di luar pakem atau kebiasaan Meier yang mendesain bangunan dengan eksterior berwarna putih.

Baca juga: Pusat Seni Tiongkok Ini Perpaduan Identitas Tradisional dan Arsitektur Kontemporer

Meier memang dikenal sebagai arsitek dengan desain geometris dan warna putih. Tengok saja Bacelona Museum of Contemporary Art, The Atheneum, High Museum of Art, atau Museum of Television and Radio.

“Kami bertanya kepada diri kami sendiri, bisakah ide formal dan filosofi dari sesuatu yang terang dan transparan, interaksi dari cahaya alami dan bayangan dengan bentuk dan ruang, bisa diintepretasikan tepat sebaliknya, putih menjadi semua warna dan hitam adalah absennya warna,” ujar Meier seperti dikutip oleh Dezeen.

Baca juga: Seoul Skygarden Mengubah Jalan Layang Tidak Terpakai Menjadi Taman Kota yang Indah

Meski eksterior berwarna gelap, tetapi interior The Black Tower didesain berwarna terang pada dinding, lantai, dan plafon.

Meier adalah salah satu arsitek senior. Dia lahir New Jersey, Amerika Serikat pada 12 Oktober 1934. Dia menyelesaikan studi arsitektur di Cornell University.

Baca juga: Hmm, Seperti Apa ya Museum Tubuh Manusia? Penasaran Kan?

Dia telah merancang sejumlah bangunan yang menjadi ikon arsitektur seperti museum di Barcelona. Meier juga pernah memenangkan penghargaan bergengsi untuk arsitektur Pritzker Prize pada 1984.

Bagikan: 1398 kali