Pondasi sumuran bisa jadi pilihan terbaik untuk membangun rumah yang kokoh dan tahan lama. Tapi perhatikan dulu beberapa syarat berikut!

Bangunan yang dapat berdiri dengan kokoh tentu harus didukung dengan konstruksi dasar yang tepat. 

Struktur dasar bangunan akan menentukan kemampuannya dalam menahan beban serta mendistribusikannya ke tanah.  

Berbeda dengan jenis bangunan dan kondisi lahan, maka berbeda pula jenis pondasi yang perlu digunakan. 

Termasuk pondasi sumuran yang mesti memperhatikan beberapa faktor serta syarat tertentu sebelum digunakan. 

Simak pembahasan selengkapnya di sini!

Detail Pondasi Sumuran (Cyclops) 

Dikenal dengan nama lain cyclops, jenis pondasi sumuran memiliki bentuk layaknya sebuah sumur yang disusun dari struktur pipa-pipa beton silinder yang dicor dengan isian berupa batu belah. 

Diameter beton silinder yang digunakan terdiri dari beberapa variasi ukuran dari 80 cm, 250 cm, 300 cm, 350 cm, dan 400 cm, serta kedalaman sumur yang mampu mencapai 8 meter. 

Cyclops merupakan jenis pondasi dalam yang menjadi peralihan antara pondasi dangkal dan tiang yang kerap dipilih sebagai dasar konstruksi tanah keras. 

Penggunaan Pondasi Sumuran Sesuai dengan Kondisi Tanah 

pondasi sumuran Sumber: Dinas PUPKP

Setiap jenis dasar konstruksi bangunan memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing yang mesti disesuaikan dengan kondisi tanah di tempat tersebut. 

Untuk kategori tanah yang memiliki lapisan permukaan keras serta kedalaman antara 3-5 meter, maka pondasi sumur bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Sebab, penggunaan jenis pondasi lain seperti plat kaki justru akan memakan lebih banyak waktu dan pengerjaan yang ribet karena diperlukan penggalian tanah yang lebih dalam dan lebar. 

Contoh lainnya pada pondasi plat beton yang kurang efektif karena harus melalui proses pemompaan air tanah keluar dari lubang galian secara terus-menerus. 

Kelebihan Pondasi Sumuran 

pondasi sumuran Sumber: JurnalPost

Detail pondasi sumuran yang cocok untuk konstruksi bangunan dengan berbagai kelebihan berikut: 

1. Pondasi Dalam Ideal 

Cyclops foundation dapat digunakan sebagai alternatif pondasi dalam jenis tiang dan dangkal yang lebih efektif untuk kontur tanah yang punya permukaan kasar. 

Terlebih jika tersedia material pengisi sumur berupa batu belah yang akan mempermudah proses pembangunan rumah. 

2. Konstruksi Tanpa Alat Berat

Kelebihan lainnya yang patut dipertimbangkan adalah pembuatan dasar konstruksi yang tidak perlu menggunakan bantuan alat berat sama sekali. 

Cukup dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia, sehingga paling ideal untuk lokasi site pembangunan yang sulit dilewati alat berat. 

4. Hemat Biaya Pembangunan 

Sedang mencoba cara menghemat pengeluaran rencana biaya anggaran (RAB) pembangunan rumah? 

Detail pondasi sumuran yang efektif dan efisien merupakan rekomendasi terbaik serta ekonomis karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sewa alat berat atau pembelian tiang pancang. 

Kekurangan Pondasi Sumuran 

pondasi sumuran Sumber: 99.co

Walau punya segudang kelebihan, kamu perlu memperhatikan beberapa kekurangan sebelum memutuskan menggunakan jenis pondasi sumuran. 

1. Detail pondasi sumuran yang sensitif struktur tanah 

Pengerjaan struktur dasar bangunan yang satu ini terbilang cukup tricky karena mesti memperhatikan kondisi tanah di sekitar. 

Dalam proses pengeboran lahan, kepadatan tanah sekitar site pembangunan bisa mengalami gangguan yang dapat meningkatkan resiko terjadinya longsor akibat berkurangnya daya topang tanah. 

Terlebih di lahan dengan karakteristik yang berpasir serta berkerikil. 

Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan bentonite dan casing pelindung sebelum melakukan pengerjaan pondasi. 

2. Instalasi yang sangat bergantung pada cuaca

Faktor penting yang tidak disepelekan dalam pemasangan pondasi sumuran adalah cuaca. 

Proses pengerjaan harus segera ditunda karena bisa lapisan tanah yang cenderung melunak dan menyebabkan kesulitan penggalian. 

Kekuatan struktur pondasi sumuran juga bisa berkurang untuk menahan gaya horizontal akibat tidak adanya dukungan tulangan dari beton silinder yang tidak padat. 

Dapatkan informasi paling update seputar properti dan hunian hanya di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
3264 kali