kipas angin plafon

Kipas angin plafon merupakan salah satu jenis pendingin udara yang sangat penting untuk diaplikasikan di rumah.

Pasalnya, jenis kipas ini memiliki sistem pendinginan yang cukup merata, sehingga bisa kamu gunakan baik di ruang keluarga sekalipun kamar tidur.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai penggunaan kipas plafon di rumah.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangannya, serta produk terbaik yang bisa kamu gunakan di rumah? Simak pembahasannya bersama-sama!

Kelebihan dan kekurangan penggunaan kipas angin plafon di rumah

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui mengenai penggunaan kipas plafon, khususnya dalam bentuk tertanam pada dinding berikut ini :

Kelebihan 

1. Hemat energi 

Ya, kipas angin plafon pastinya jauh lebih efisien sekalipun dibandingkan dengan jenis kipas angin lainnya, maupun pendingin dalam seperti AC.

Kamu pun bisa memilih jenis kipas dengan standar Energy Star, yang notabene dapat menghemat listrik hingga Rp195 ribu per tahun.

2. Keterjangkauan yang lebih luas 

Penggunaan kipas angin plafon yang sangat terasa ada pada aspek keterjangkauannya, terlebih kipas ini dapat mendinginkan rumah secara merata.

Adapun, jenis kipas angin ini akan sangat cocok pada beberapa ruangan, seperti ruang tamu maupun ruang keluarga di rumah.

3. Bisa diaplikasikan dengan lampu atau chandelier 

Tak hanya sekadar kipas angin saja, ternyata kipas plafon juga bisa diaplikasikan dengan lampu hias sekalipun chandelier yang cantik.

Kamu pun bisa menggunakan lampu dan kipas secara bersamaan, khususnya di malam hari saat menikmati waktu bersama dengan keluarga.

Kekurangan 

1. Proses pemasangan 

Keterjangkauan plafon akan sangat mempengaruhi pemasangan kipas di rumah, sehingga hal ini harus diperhatikan secara mendalam.

Kamu pun diharuskan untuk mengetahui jarak antara permukaan lantai maupun dinding plafon, untuk mempermudah pemasangan kipas angin plafon.

2. Butuh ruangan yang besar 

Selain proses pemasangan yang sulit, pemasangan kipas angin plafon juga harus membutuhkan ruangan berukuran besar.

Tak hanya sekadar ruangan besar, kipas angin pun juga harus terpasang dalam kondisi central supaya berfungsi optimal.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Harga Kipas Angin Sekai, Berkualitas dan Tahan Lama!

Pilihan kipas angin plafon rumah terbaik, cocok untuk ruang keluarga 

Untuk menghasilkan proses pendinginan merata, ada beberapa rekomendasi kipas angin plafon yang bisa kamu pilih sebagai berikut: 

1. Kipas angin Uchida (Rp645,000)

kipas angin plafon Sumber: Tokopedia

Sejak dulu, Uchida merupakan salah satu merek pendingin buatan terfavorit yang banyak digunakan oleh orang-orang, termasuk kipas angin.

Tak hanya sekadar menjadi pendingin ruangan, kipas Uchida ini juga dilengkapi oleh lampu, sehingga meningkatkan proses pencahayaan di rumah dengan baik.

2.  Nagoya Ceiling Fan (Rp224,000) 

Sentuhan desain rumah industrial bisa menjadi kombinasi terbaik dari produk Nagoya Ceiling Fan sebagai salah satu kipas terbaik.

Tak hanya terlihat mewah, kipas angin plafon ini juga dilengkapi oleh fitur yang sangat unik, dengan lima pengatur kecepatan yang tidak berisik, sehingga menghasilkan kenyamanan terbaik di rumah.

Untuk mempermudah proses pemasangan, kipas angin Nagoya dilengkapi oleh hook, supaya terhubung dengan dinding rumah. 

3.  Mitsubishi kipas ceiling (Rp281,250)

kipas angin plafon Sumber: Tokopedia

Produk perlengkapan Mitsubishi sejak dulu sangat diminati, termasuk produk pendingin ruangan baik AC maupun kipas angin.

Salah satunya adalah Mitsubishi ceiling Fan yang berukuran ringkas, sekalipun cocok untuk digunakan pada ruangan sempit di rumah.

Adapun, daya listrik yang ditawarkan dari alat pendingin udara ini adalah 16 watt, sehingga sangat efisien untuk digunakan sehari-hari.

4.  Cosmos Ceiling Fan 56 inch (Rp296 ribu)

Sejak dulu Cosmos merupakan salah satu merek perlengkapan rumah terbaik, khususnya produk kipas angin.

Salah satunya adalah Cosmos Ceiling Fan 56 inch yang sangat cocok untuk kamu gunakan, pada sisi ruang tamu maupun ruang keluarga di rumah.

Ukuran yang besar menjadikan kipas angin ini memiliki kemampuan pendinginan merata, sekalipun hemat energi.

5.  KDK25-TGQ Kipas Exhaust (Rp271 ribu) 

kipas angin plafon Sumber: Tokopedia

Kipas angin exhaust KDK25 bisa menjadi pilihan menarik yang bisa kamu gunakan di rumah, untuk mengatur sirkulasi udara dengan baik. 

Adapun, kipas exhaust plafon ini memiliki daya hisap yang cukup cepat, untuk memastikan sirkulasi udara di rumah dalam keadaan baik dan optimal.

Baca Juga : Anti Mahal, Kenalan dengan Kipas Angin AC yang Bikin Rumah Sejuk

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai penggunaan kipas plafon untuk kebutuhan pendinginan udara di rumah.

Yuk, cari tahu tips dan trik terbaik untuk betah di rumah, selengkapnya di artikel.rumah123.com.

"Sedang mencari condottel idaman? Kamu bisa pilih The Umalas Signature Badung selengkapnya."

Bagikan:
854 kali