Dampak dari server aplikasi WhatsApp, Facebook, dan Instagram down selama 8 jam ternyata membuat kekayaan Mark Zuckerberg anjlok hingga Rp85,6 triliun.  

Hampir semua orang mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi WhatsApp, Instagram, dan Facebook pada Senin malam (4/10/2021) selama hampir 8 jam lamanya.

Namun, dilansir dari laman Kompas.com, pada Selasa (5/10/2021) sekitar pukul 05. 34 WIB, aplikasi bertukar pesan WhatsApp sudah bisa digunakan dan normal kembali.

Gangguan tersebut diklaim oleh pihak Facebook terjadi di beberapa negara, termasuk Indonesia, yang mempengaruhi banyak pengguna aktif.

Menurut laporan, masalah gangguan yang terjadi adalah DNS atau sistem nama domain yang eror. Jadi, hal ini mengubah nama situs web menjadi alamat numerik yang dapat dipahami oleh mesin lain.

Hal serupa pun pernah terjadi pada 13 Maret 2021. Facebook mengalami serangkaian gangguan, sehingga pengguna tidak dapat mengakses Facebook, Instagram dan WhatsApp lebih dari 24 jam.

Namun, tahukah kamu bahwa dampak dari gangguan tersebut membuat bos ketiga aplikasi tersebut rugi hingga triliunan.

Dampak Facebook, WhatsApp, dan Instagram Down

Facebook menjadi perusahaan teknologi yang membawahi beberapa platform lainnya, seperti WhatsApp, Instagram, Oculus, Calibra, dan sebagainya.

Dampak tersebut ternyata tidak hanya dialami oleh pengguna ketiga aplikasi media sosial dan aplikasi perpesanan saja.

Namun, kekayaan pribadi sang CEO pun turun lebih dari 6 miliar dollar Amerika Serikat (AS), atau setara dengan Rp85,6 triliun hanya dalam beberapa jam saja!

Tidak hanya itu, harga saham yang anjlok pun terjadi pada perusahaan teknologi di bidang media sosial tersebut.

Dilansir Kompas.com saham perusahaan raksasa ini anjlok hingga 4,9 persen di hari Senin, dan penurunan menjadi sekitar 15% terhitung sejak pertengahan September 2021 lalu.

Nah, anjoknya saham Facebook tersebut membuat nilai kekayaannya turun menjadi 121,6 miliar dolar AS (Rp1732 triliun).

Sebelumnya Mark Zuckerberg memiliki kekayaan sekitar 140 miliar dollar AS atau setara dengan Rp1.994 triliun!

Akibat penurunan tersebut, Mark Zuckerberg menempati urutan ke-5 dari daftar orang terkaya di dunia, ada di bawah Bill Gates, pendiri Microsoft.

Rumah123.com pernah membahas mengenai rumah masa kecil bos Google Sundar Pichai, ternyata dia tidak memiliki kulkas.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti The Double View Mansions.

Bagikan:
376 kali