Hong Kong Berencana Membangun Pulau Buatan Terbesar di Dunia Seluas 1.000 Hektare dengan Nilai Investasi Mencapai Rp1.114 Triliun (Foto: Rumah123/Dezeen)

Pemerintah Hong berencana membangun sebuah pulau buatan seluas 1.000 hektare. Hal ini dilakukan lantaran kekurangan lahan untuk membangun hunian.

Dezeen.com melansir bahwa pulau buatan ini akan menjadi pulau buatan terbesar di dunia. Nilai pembangunanya mencapai 60 miliar pound (Rp1.114 triliun). Edan ya, mahal banget.

Luas pulau buatan ini akan melebihi bandara Hong Kong International Airport yang didesain oleh biro arsitek asal Inggris, Foster + Partners. Pulau yang menjadi bandara tersebut merupakan pulau buatan terbesar keempat di dunia.

Baca juga: Di Hong Kong Ada Apartemen Seluas 46 Meter Persegi dengan Harga Rp5,1 Miliar!

Luas pulau ini juga lebih besar dari pulau buatan Palm Jumeirah yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Luas Palm Jumeirah hanya 560 hektare.

Pulau buatan ini akan terletak di dekat Pulau Lantau. Kelak, pulau buatan ini akan bernama Lantau Tommorow Vision.

Menteri Pembangunan Hong Kong, Michael Wong menyatakan kalau kota ini menghadapi masalah serius kekurangan lahan. Pembangunan pulau buatan ditujukan agar ada lahan baru membangun hunian terutama apartemen.

Baca juga: Sewa Hunian di Singapura Lebih Mahal dari Hong Kong dan Tokyo?

Lantaran lahan yang terbatas, Hong Kong memilih membuat apartemen. Namun, luas apartemen di Hong Kong lebih mirip parkir mobil lantaran luasnya hanya sekitar 12 meter persegi.

Pemerintah Hong Kong berencana membangun 260.00 hunian di pulau buatan ini. Sebanyak 70 persen lahan memang akan dimanfaatkan untuk hunian, sisanya untuk fasilitas lain.

Hong Kong merupakan kawasan ekonomi khusus China. Luasnya hanya 1.108 kilometer persegi, namun penduduknya mencapai 7,4 juta jiwa. Hong Kong menjadi salah satu kawasan terpadat di dunia.

Baca juga: Rumah Rp2 Triliun, Mewah di Jakarta, di Hong Kong Mah Biasa!

Bagikan: 372 kali