Foto: Rumah123/Getty
 

Kecoak tampak di rumah emang biasa. Tapi, pastinya kamu jijik kan? Pasalnya, hewan kecil ini hidup dari yang kotor-kotor dan tempat kotor. Gak mau kan kalau kamu melihatnya berkeliaran di rumah yang kamu beli susah payah. Apalagi kalau cicilannya belum lunas.

Untuk bikin kecoak minggat dari rumah kesayanganmu, berikut ini ada tips yang dikutip dari intisari.grid.id, Rabu (3-10-2018):

Ke-1. Masukkan piring dan peralatan makan lainnya langsung ke mesin pencuci piring atau ke lemari penyimpan ketimbang kamu membiarkannya aja di bak cuci.

Baca juga:  Bersih-Bersih Rumah Yuk! Sebelum Tikus dan Kecoak Sering Bertamu!

Ke-2. Tutup semua lubang, retakan, atau jalan masuk ke rumah bagi kecoak.

Ke-3.  Segera perbaiki kebocoran saluran atau pipa air. Kalau dibiarkan lama berarti memberi jalan bagi kecoak untuk masuk rumah.

Ke-4.  Selesai memasak, besihkan semua sisa bahan makanan agar tak mengundang kecoak datang ke rumah.

Baca juga: 5 Siasat Ini Bikin Si Kecoa Pergi dan Tak Akan Kembali

Ke-5. Dikutip dari stylenrich.com, ada bahan alami untuk mengusir kecoak.

Larutan Baking Soda

Sifat asam pada baking soda dapat membuat kulit kecoak kering dan mati seketika. Bahan yang dibutuhkan: baking soda, air, dan gula. Caranya, larutkan gula dalam air, tambahkan satu sendok makan baking soda, aduk rata.

Letakkan larutan baking soda tersebut ke dalam beberapa wadah kecil dan tempatkan di berbagai sudut rumah yang biasanya dilalui kecoak. Aroma gula akan mengarahkan kecoak ke cairan, lantas kecoak akan terjebak di dalam cairan baking soda, kemudian mati.

Ketimun

Untuk mengusir kecoak, kupas ketimun dan letakkan di area dapur atau area lain. Cara ini gak akan membunuh kecoak, tapi pasti menjauhkan kecoak dari sudut rumah.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Kecoa di Mobil

Lemon

Pada air pel tambahkan jus lemon lalu pel lantai yang sering dilalui kecoak setidaknya sehari sekali. Lap bagian lemari dapur, lantai, kompor gas, dan lainnya, agar kecoak kabur. Sifat asam lemonlah yang bikin kecoak gak betah lama-lama di rumah kita.

Bagikan: 1420 kali