Kebakaran yang Melanda Kawasan Napa dan Santa Rosa, California, Amerika Serikat (Rumah123/Mansion Global)

Sebanyak 172.000 rumah terancam terkena imbas kebakaran hutan. Bahkan, 11.000 rumah di antaranya punya potensi rusak berat.

Laman penyedia data properti CoreLogic Inc mengungkapkan hal ini. Seluruh rumah ini berada di kawasan Napa dan Santa Rosa, negara bagian California bagian Utara, Amerika Serikat.

Baca juga: Mau Aman Tinggal di Area Rawan Bencana? Bikin Dong Hunian Tahan Bencana

Kalau 172.000 rumah ini rusak, potensi kerugian untuk membangun ulang seluruh rumah ini mencapai 65 miliar dollar AS (Rp878 triliun).

Sedangkan 11.000 rumah yang punya potensi rusak parah akan menghabiskan dana 5 millar dollar AS (Rp67 triliun) untuk renovasi. Rumah yang berada di kawasan perkotaan punya risiko rendah atau sedang dari ancaman kebakaran, namun api bisa menyebar dan dapat merusak hunian.

Baca juga: Meksiko Kena Gempa Lagi, Ingat Jangan Panik Kalau Ada Gempa Ya

Mansion Global melansir kalau saat ini, kebakaran parah melanda hutan di California. Kebakaran ini menyebabkan 15 orang meninggal.

Kebakaran juga melanda sejumlah kawasan yang menjadi lokasi hunian mewah. Rata-rata harga rumah di Napa dan Santa Rosa mencapai 599.000 dollar AS (Rp8,1 miliar), sementara harga rata-rata hunian di AS hanya 201.900 dollar AS (Rp2,7 miliar). Harga ini berdasarkan penghitungan laman properti Zillow.

Baca juga: Gempa Guncang Tasikmalaya, Saatnya Kamu Paham Mitigasi Bencana

“California tidak dikenal sebagai kawasan dengan properti murah. Harga rumah akan berada di puncak, dibangun di sisi tebing dan memiliki pemandangan indah perkebunan anggur. Nah, rumah seperti ini memang rentan,” ujar pakar bahan berbahaya dari CoreLogic, Tom Jeffrey.

Biaya renovasi rumah memang tidak setinggi perkiraan karena tidak semua rumah hancur dan dibangun ulang. Ini artinya dana untuk pembangunan kembali rumah bisa lebih rendah dari perkiraan.

Baca juga: Penembakan di Las Vegas Jadi Bukti Kalau Kota di AS Memang Ga Aman dan Nyaman

By the way, pernah tahu berapa kerugian kalau terjadi bencana alam di Indonesia? Berapa sih kerugian akibat kebakaran hutan yang terjadi di Sumatra dan Kalimantan?

Berapa juga kerugian akibat meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta atau Gunung Sinabung di Sumatra Utara? Hmm, sayangnya belum pernah ada penghitungan kerugian materiil dari sebuah bencana alam di Indonesia ya?

Bagikan:
1100 kali