Biro Arsitek Asal Inggris, Zaha Hadid Architects Mendesain Terminal Bandara Terbesar di Dunia. Bangunan ini Berada di Beijing, China (Foto: Rumah123/Dezeen/Methanoia)

Sejumlah bangunan keren diproyeksikan selesai pada 2019 ini. Salah satunya adalah terminal bandara di Daxing, Beijing, China. Terminal ini diklaim salah satu terbesar di dunia.

Studio arsitek ternama asal Inggris, Zaha Hadid Architects berkolaborasi dengan firma spesialisasi bandara, ADPI untuk merancang terminal ini. Rancangannya pun khas Zaha Hadid Architects berupak lengkungan.

Bangunan terminal ini berada berseberangan dengan Capital Airport yang sudah ada sejak 2008. Terminal ini dirancang oleh biro arsitek Inggris lainnya, Foster + Partners. Bandara ini sudah melebihi kapasitas meski diklaim sebagai salah satu bandara terbesar di dunia.

Baca juga: Jepang dan Belanda Punya Parkir Sepeda Terbesar di Dunia, Kalau Indonesia Kapan Ya?

Zaha Hadid Architects dan ADPI memenangkan sayembara mendesain bandara baru ini pada 2011. Mereka mengklaim sebagai terminal bandara untuk penumpang terbesar di dunia. Terminal ini bisa menampung 45 juta penumpang.

Kedua perusahaan ini juga menggandeng sejumlah konsultan lainnya seperti Buro Happold, Mott Macdonald, dan EC Harris untuk mengerjakan proyek terminal ini.

Zaha Hadid Architects belum pernah membuat bandara sebelumnya. Lantaran itu, studio arsitek ini berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan lain.

Baca juga: Wow, Ada Kedai Kopi Terbesar di Dunia, Kamu Mau Ngopi di Sini?

Biro arsitek ini mengklaim kalau terminal memiliki desain yang fleksibel. Rancangannya bisa diadaptasi untuk beberapa konfigurasi berbeda.

Terminal ini akan terhubungan dengan layanan kereta lokal dan nasional, termasuk juga dengan kereta cepat Gao Tie. Hal ini akan memudahkan konektivitas penumpang.

Bandara baru ini menjadi infrastruktur kunci di kawasan Beijing, terkait jaringan transportasi yang tumbuh berkembang, dan juga menjadi katalis pembangunan ekonomi wilayah di kawasan Tianjin dan provinsi Hebei. Hmm, jadi penasaran seperti apa terminal ini kalau sudah jadi.

Baca juga: Yuk, Lihat Stadion dengan Layar Terbesar di Dunia, Kalau di Indonesia Ada Ga Ya?

Bagikan: 1027 kali