Bianchi Majer dan Anna Merci Membuat Bangunan Sementara dengan Memanfaatkan 2.500 Botol Plastik (Foto: Rumah123/Designboom)

Pernah membayangkan kalau kamu menyusun 2.500 botol? Ribuan botol ini ternyata bisa menjadi sebuah bangunan unik di tengah kota.

Bianchi Majer dan Anna Merci membuat sebuah bangunan sementara untuk Festival de Arquitectura y Ciudad Mexropoli 2018. Acara ini diselenggarakan di Mexico City, Meksiko.

Festival ini merupakan ajang terbesar di Amerika Serikat. Acara yang berlangsung selama empat hari ini dihadiri oleh 50 ribu orang mulai dari arsitek, mahasiswa, masyarakat setempat, turis, dan seniman.

Baca juga: Material yang Mirip Plastik Tapi Ramah Lingkungan Lho

Majer dan Merci membuat instalasi sebuah bangunan dengan memanfaatkan botol plastik ukuran 20 liter. Wah, sepintas mirip botol air mineral ukuran galon ya.

Keduanya memanfaatkan 2.500 botol yang sudah disusun sedemikian rupa. Mereka menyusun 25 bagian. Semakin ke atas, bagian itu berkurang.

Bagian bawah memiliki diameter sekitar 10 meter. Sementara pada bagian atas memiliki diameter sekitar 7 meter. Tinggi bangunan ini mencapai 6,5 meter.

Baca juga:  Saatnya Mengubah Sampah Plastik Jadi Furnitur, Yuk Ikutan

Majer dan Merci membuat bagian bawah ada sebuah pintu masuk dari material kaca. Jadi pengunjung bisa masuk dan merasakan seperti apa berada di dalam bangunan ini.

Saat dipasang, seluruh botol ini diisi air. Air ini menjadi elemen penting secara struktural dan juga secara panca indra.

Air membuat botol menjadi berat dan bangunan terlihat kokoh. Air juga membuat pengunjung bisa merasakan hal berbeda pada elemen eksterior bangunan terkait cahaya, bayangan, suara, dan warna. Hmm, kayaknya lucu ya kalau botol plastik tidak terpakai bisa digunakan menjadi bangunan yang mempercantik lanskap kota.

Baca juga:  Perangi Sampah Plastik, Volvo Kembangkan Produk Mirip Pohon Bakau

Bangunan Ini Memiliki Diameter 10 Meter dengan Tinggi 6,5 Meter (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 797 kali