Talkshow Hunian dan Generasi Milenial di Festival Properti Indonesia 2018 (Foto: Rumah123/Jhony Hutapea)

Seperti apa ya rumah yang dimimpikan oleh generasi milenial. Tema ini menjadi perbincangan talkshow Festival Properti Indonesia yang menghadirkan pembicara dari Rumah123.com dan Kompas.com.

Generasi milenial memang selalu menjadi perbincangan belakangan ini. Kaum yang lahir pada awal 1980-an hingga awal 1990-an memang dianggap jadi biang keladi matinya banyak bisnis. Bahkan, mereka ditengarai juga malas beli rumah.

Sejatinya, generasi milenial memang harus membeli properti karena harga yang terus naik. Selain juga harus berinvestasi properti lantaran salah satu instrumen investasi yang aman.

Baca juga: Tahun Baru, Rumah Baru, Makanya Datang ke Festival Properti Indonesia 2018

Hal ini menjadi bahasan dalam talk show bertajuk “Milenial dan Rumah Idaman”. Pembicara yang hadir adalah Fanny Meilana selaku General Manager Marketing Rumah123.com dan juga Dani Prabowo dari redaksi Kompas.com. Erwin Kusuma dari redaksi Kompas.com menjadi moderator dalam acara ini.

Talk show ini merupakan salah satu acara dalam Festival Properti Indonesia 2018 yang diselenggarakan oleh situs properti Rumah123.com di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada 14-18 November 2018. Rumah123 merupakan bagian dari REA Group Australia.

Indonesia akan memiliki bonus demografi berupa banyaknya orang yang masuk angkatan kerja. Mereka ini tergolong generasi milenial.

Baca juga:  Jangan Lewatkan Sederetan Promo Menarik Selama Festival Properti Indonesia 2018

“Berdasarkan riset Rumah123, banyak insight yang didapatkan soal generasi milenial ini. Mereka berbeda dengan generasi sebelumnya,” ujar Fanny.

Kaum milenial merupakan generasi ownerless. Mereka tidak terikat dengan sebuah benda, tidak suka menyimpan barang. Jadi mereka tidak membutuhkan hunian yang luas.

Sementara Dany mengungkapkan bahwa generasi milenial baru memiliki penghasilan yang terbatas. Mengutip data dari BPS (Biro Pusat Statistik), gaji kaum milenial hanya Rp3,3-4,5 juta.

Baca juga:  Wah, Ada Kelas Fotografi Buat Agen Properti di Festival Properti Indonesia 2018

“Dari segi kepemilikan rumah, kaum milenial nggak bisa membeli hunian yang mahal,” kata Dani. Penghasilan yang masih terbatas, namun mereka juga mendapatkan banyak godaan berupa keinginan traveling dan juga lifestyle.

Untuk itu, generasi milenial harus mendapatkan edukasi mengenai pentingnya memiliki hunian dan juga berinvestasi properti. Selain itu, pemerintah juga harus membuat kebijakan yang memudahkan orang untuk memiliki hunian.

Menurut riset Rumah123, permasalahan orang dalam membeli rumah tidak hanya soal uang muka atau down payment (DP), tetapi juga cicilan. Tingginya penghasilan tidak serta merta membuat orang mudah membeli rumah.

Baca juga:  Ga Usah Pusing Soal Renovasi, Ada Solusi Rumah di Festival Properti Indonesia 2018

Bagikan: 639 kali