Restoran Spyce di Boston, Amerika Serikat menggunakan tujuh robot untuk menyiapkan makanan (Rumah123/Dezeen)

“Spyce merupakan persimpangan dari keramahtamahan dan teknologi,” ujar Michael Farid kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Farid merupakan co-founder dari restoran Spyce bersama dengan Kale Rogers, Luke Schlueter, dan Brady Knight. Semuanya adalah lulusan perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat, MIT atau Massachusetts Institute of Technology.

Baca juga: Meja Futuristik dari Film Star Wars, Yuk Buruan Beli!

Keempatnya baru saja membuka restoran cepat saji bernama Spyce di Boston, Amerika Serikat. Spyce mempekerjakan tujuh robot sebagai mesin pembuat makanan untuk menggantikan peran chef.

Spyce diklaim sebagai restoran pertama di dunia yang menggunakan robot. Robot ini dapat mempersiapkan makanan secara simultan dalam waktu di bawah tiga menit saja.

Baca juga: Bangun Rumah, Robot Ini Cuma Butuh Dua Hari

Proyek ini bermula dari empat pendiri restoran yang tidak puas dengan harga mahal yang ditetapkan oleh jaringan restoran cepat saji. Mereka mengerjakan proyek ini sejak 2015 lalu.

Lantas mereka terinspirasi untuk membuat robot yang bisa menyajikan 200 makanan perjam dengan harga masing-masing hanya USD 7,5 (Rp104 ribu) saja.

Baca juga: Kamu Mau Pelihara Robot di Rumah Ga? Kekinian Banget Lho

Konsumen hanya perlu memesan makanan melalui layar sentuh atau touch screen. Lantas robot akan mengolah permintaan dengan mengambil isi makanan dan menentukan seberapa besar porsinya.

Kemudian semua bahan dicampur menjadi satu dalam wadah berputar. Makanan ini dimasak dengan suhu tertentu dengan menggunakan teknologi. Setelah selesai, makanan akan ditempatkan dalam mangkuk.

Baca juga: Mainan Ini Bikin Anak Pengen Merancang Robot, Yuk Beli!

Satu-satunya campur tangan manusia terjadi ketika makanan sudah jadi dan akan dihidangkan. Saat ini, bagian tambahan seperti saus atau topping dimasukkan ke dalam mangkuk.

Mesin ini dapat membersihkan diri sendiri. Hasilnya konsumsi air pada mesin cuci piring bisa ditekan hingga 80 persen. Wah, benar-benar ramah lingkungan ya.

Baca juga: Transaksi Properti di Masa Depan Bakal Melibatkan Robot? Wow, Keren!

Robot ini bisa menyediakan beragam makanan seperti nasi, kari, salad, makanan yang digoreng, pasta, dan mi. Makanan yang disediakan terentang dari Thailand, Maroko, Latin, dan lainnya.

Para founder juga merekrut dua chef kelas bintang Michelin yaitu Daniel Boulud dan Sam Bensoun untuk mengembangkan menu. Boulud menjadi investor dan juga pengarah kuliner. Benson menjadi executive chef dan mempunyai tugas memadukan teknik memasak ala Prancis dan teknolgi modern.

Baca juga: Apa Rasanya Tinggal di Rumah 3D Hasil Cetak Robot Portable?

Wah, asyik juga ya kalau kamu punya robot seperti ini di rumah. Makanan sudah dimasakkan oleh robot. Praktis banget kan?

Empat Alumni Massachusetts Institute of Technology Terinspirasi untuk Membuat Robot yang Bisa Menyiapkan Makanan (Rumah123/Dezeen)
Founder Spyce Berkolaborasi dengan Chef untuk Menentukan Menu Makanan (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 538 kali