Ilustrasi Nyamuk (Foto: Rumah123/Earth.com)

Demam berdarah dengue (DBD) nggak hanya terjadi di Jakarta lho, tetapi juga di Depok. Dinas Kesehatan Depok menyatakan ada tiga daerah dengan kasus DBD terbanyak. Buat kamu yang tinggal di Depok, waspada ya gaes.

Wilayah Mekarjaya, Cipayung, dan Cinere menjadi tiga daerah dengan temuan DBD tertinggi di Depok. Ada 16 kasus di Mekarjaya, 10 kasus di Cipayung, dan 10 kasus di Cinere. Banyaknya kawasan permukiman di tiga wilayah ini menjadi salah satu penyebab meluasnya penyebaran jentik nyamuk.

Seperti dilansir oleh Kompas.com, Kepala Dinas Kesehatan Depok, Novarita menyatakan kasus DBD muncul karena belum optimalnya PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) atau 3M Plus.

Baca juga: Waspada Demam Berdarah, Yuk Mulai Bersih-bersih Rumah

3M merupakan menguras, mengubur, dan menutup. Kamu harus menguras tempat penampungan air, menutupnya dengan rapat agar nyamuk tidak berkembang biak, dan mengubur barang-barang yang bisa menjadi tempat penampungan air.

“Memang kurang kesadarannya masyarakat untuk menerapkan 3M plus makanya mengakibatkan virus DBD ini terus menerus meningkat,” ujar Novarita.

Nah, kalau plusnya apa sih? Buat kamu yang belum tahu, ini adalah tindakan tambahan seperti menabur bubuk larvasida pada penampungan air agar nyamuk aedes aegypti tidak berkembang biak, tidak menggantung pakaian karena bisa mengundang nyamuk datang.

Baca juga:  Waspada Ya Gaes, Demam Berdarah Dengue Semakin Meluas di Jakarta

Kamu juga harus membiasakan membuka jendela agar sinar matahari masuk. Nyamuk memang suka berada di tempat yang gelap dan lembab.

Saat musim hujan datang, biasanya wabah DBD juga datang lho gaes. Makanya kamu harus selalu melakukan pencegahan.

By the way, jika ada anggota keluarga yang tiba-tiba mengalami demam tinggi, segera bawa ke dokter, klinik, atau rumah sakit terdekat ya. Demam tinggi menjadi salah satu gejala DBD.

Baca juga:  Cek Dulu Nih, 5 Kecamatan di Jakarta dengan Tingkat DBD Tertinggi

Bagikan: 1934 kali