Chateau de Gudanes, Prancis (Rumah123/Elledecor)

Pada 2013, pasangan suami istri Craig dan Karen Waters membeli sebuah chateau (kastil) di Prancis bagian Selatan.

Saat itu, pasutri Waters hanya bisa melihat empat dari 94 ruangan yang ada dalam kastil ini. Mereka hanya bisa melihat sekilas kastil ini lantaran faktor keamanan.

Baca juga: Sepeda Elektrik Ini Dirancang untuk Para Pekerja Urban Kota London Lho!

Sebelumnya, pasangan yang tinggal di Perth, Australia ini ingin menghabiskan liburan dan mencari rumah sewa.

Namun, yang terjadi malah keluarga ini menemukan iklan properti di Prancis. Tidak lama setelah melihat, Craig dan Karen jatuh cinta dengan Chateau de Gudanes.

Baca juga: Rumah Sewaan Penyanyi Cantik Taylor Swift Dijual Rp324 Miliar!

Kastil ini terletak di Verdun, sebuah kota kecil berjarak 225 km dari ibukota Prancis, Paris. Kastil ini dibangun pada 1741 pada masa pemerintahan Raja Louis XV.

Kastil ini dibangun untuk Louis Gaspard de Sales, penguasa Gudanes dan salah satu anggota parlemen wilayah Toulouse.

Baca juga: Beneran Lho, Sepeda Ini Bisa Kumpulkan Energi Saat Melewati Jalan Menurun

Setelah membeli kastil ini, Craig dan Karen mulai merenovasi kastil ini. Renovasi total dilakukan untuk mengubah kastil ini menjadi hotel butik.

Sejumlah bagian dinding, lantai, hingga plafon mengalami kerusakan. Jangan heran kalau renovasi menghasilkan 500 ton puing yang harus dibuang!

Baca juga: Wah, Pasangan Bintang Hollywood Ini Untung Rp13 Miliar dari Jual Rumah

Bahkan, saat memperbaiki ruang bawah tanah, para pekerja menemukan tulang, lukisan antik, keramik, hingga peralatan makan.

Pemasangan dinding, lantai, dan plafon baru dilakukan namun dengan tetap mempertahankan nilai sejarah.

Baca juga: Waduh, Bintang Sitkom How I Met Your Mother Jual Properti Kedua

Bagi Craig dan Karen, renovasi ini merupakan komitmen seumur hidup. Mereka harus mendapatkan ijin Pemerintah Prancis untuk merenovasi.

Craig dan Karen juga tidak memiliki latar belakang arsitektur atau desain interior. Namun, mereka tetap bersemangat untuk merenovasinya.

Baca juga: Seperti Apa Sih Rumah Mewah yang Dijual Bintang Star Wars?

Pasangan ini memiliki alasan untuk tetap melakukannya. Kastil ini didesain oleh Ange-Jacques Gabriel, arsitek ternama Prancis pada abad 18.

Gabriel adalah arsitek yang merancang Petit Trianon di Versailles. Petit Trianon adalah salah satu chateau bersejarah di Prancis.

Baca juga: Wow, Apartemen Ini Punya Teras yang Keren Plus Pemandangan Indah Lho

“Membeli sebuah chateau yang hampir jadi puing dan masuk dalam klasifikasi bangunan bersejarah di sebuah negara yang kami tidak bisa berbicara dalam bahasanya ternyata sangat menantang,”  ujar Karen seperti dikutip oleh Elledecor.

Renovasi dijadwalkan selesai pada pertengahan 2017 ini. Chateau de Gudanes pun akan berubah dari kastil abad pertengahan menjadi hotel butik era abad 21.

Bagikan:
1484 kali