Menara Pencakar Langit yang Didesain oleh Foster+Partners (Rumah123/Dezeen)

Sebuah gedung pencakar langit akan berdiri di ibu kota Hungaria, Budapest. Gedung ini akan menjadi menara pencakar langit tertinggi di Budapest.

Biro arsitek asal Inggris, Foster + Partners mendesain bangunan ini. Arsitek senior Norman Foster mendirikan biro arsitek ini pada 1967 silam.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Gedung ini akan menjadi kantor pusat perusahaan minyak dan gas Hungaria, MOL. Foster + Partners belum mengungkapkan berapa tinggi gedung.

Namun, menara pencakar langit ini akan memiliki 28 lantai. Tingginya diperkirakan lebih dari 96 meter, alias lebih tinggi dari Gedung Parlemen Hungaria dan katedral Saint Stephen’s Basilica.

Baca juga: Lahan Terbatas? Siasati dengan Pintu Geser! Gampang Kan?

Foster + Partners tidak hanya menjadikan gedung ini sebagai yang tertinggi di Hungaria dan Budapest, namun juga sebagai bangunan yang memiliki banyak keunggulan.

Gedung ini akan menjadi percontohan bagaimana bangunan memiliki kesinambungan, responsif terhadap cahaya, memiliki ventilasi udara yang baik dan anti panas, ada penggunaan sumber energi rendah karbon seperti panel photovoltaic, serta alat pengumpul air hujan dan fasilitas penyimpanan air.

Baca juga: Yuk, Bikin Taman dalam Rumah Biar Suasana Semakin Sejuk

Desain rancangan gedung juga memasukkan area hijau, fasilitas seni, taman atap untuk publik, serta kawasan untuk pengguna sepeda. Foster + Partners menyatakan kalau gedung ini memiliki visi sebagai tempat kerja masa depan.

“Proyek ini menjadi pencapaian untuk beberapa alasan, tidak hanya untuk MOL tetapi juga untuk Budapest,” ujar Head of Studio Foster + Partners, Nigel Dancey kepada laman desain dan arsitektur Dezeen.

Baca juga: Tempat Bermain Anak yang Asyik dan Bisa Bikin Happy, Main Ke Sini Yuk!

“Desain gedung mewakili tantangan yang unik, untuk memastikan kalau kritieria bangunan memenuhi kebutuhan fungsi perusahaan, mengikuti stander tertinggi dari bangunan berkelanjutan, dan menghormati sejarah kawasan,” lanjut Dancey.

Menara ini akan tersambung dengan podium. Keduanya disatukan oleh material kaca yang melengkung. Dalam ruang perkantoran akan terhubung dengan beranda dan taman. Biro arsitek ini menginginkan para pekerja bisa berinteraksi dengan alam.

Baca juga: Ga Usah Bingung Kalau Mau Bikin Kantor Mungil yang Kekinian dan Fungsional

Kalau di Indonesia, gedung apa sih yang seperti ini? Modern, ramah lingkungan, dan bisa diakses publik? Keren kan kalau kantor bisa seperti ini.

By the way, kantor kamu sudah seperti ini belum? Kalau belum, usul dong sama bos untuk pindah ke tempat yang seperti di atas.

Bagikan: 655 kali