Ilustrasi Plastik (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Pemerintah provinsi DKI Jakarta akan melarang penggunaan kantong plastik atau kresek sekali pakai. Nah, saatnya untuk tidak lagi menggunakan plastik saat berbelanja. Larangan ini sedang disusun dalam bentuk peraturan Gubernur DKI.

“Poin pentingnya kami ingin melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Ibaratnya kresek-kresek,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji seperti dilansir oleh Kompas.com.

Kebijakan ini diambil karena plastik adalah sampah yang paling banyak dan berbahaya. Sampah plastik sangat sulit terurai dan membahayakan kesehatan.

Baca juga: Pakai Cara Ini, Bau Dalam Toples Plastik Dijamin Bakal Hilang Seketika

Isnawa melanjutkan kalau plastik berpotensi memberikan dampak bagi kesehatan manusia karena mengandung karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Sampah plastik bisa ditemukan di mana saja.

Koran Tempo pernah melansir bahwa melansir data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mengeluarkan data mengejutkan pada 2016 lalu.

Sebanyak 100 toko anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia memproduksi sampah kantong plastik seluas 67,5 hektare dalam setahun. Jumlah ini setara dengan luas 60 kali lapangan sepak bola.

Baca juga:  Bikin Rumah dari Botol Plastik Bekas, Percaya Ga?

Sementara itu, berdasarkan riset Jenna Jambeck, peneliti dari University of Georgia, Amerika Serikat pada 2015 menyatakan kalau Indonesia dinobatkan menjadi negara kedua penyumbang sampah plastik terbesar ke laut.

Mau tahu jumlah sampah plastik yang diproduksi oleh Indonesia per tahun? Jumlahnya sebanyak 175 ton per hari. Catat ya, per hari, bukan per tahun.

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) juga melansir riset bahwa lebih dari 90 persen warga Jakarta setuju untuk mengurangi plastik. Sejumlah pihak sudah melakukan kampanye anti plastik dengan melarang penggunaan sedotan plastik, tidak memberikan kantong plastik belanja, dan lainnya.

Baca juga:  Indonesia Juara 2 Dunia Sampah Plastik

Soal darurat sampah plastik ini, kamu pasti melihat sejumlah video yang viral belakangan ini. Sejumlah ikan paus mati dan ditemukan puluhan kilogram sampah plastik di dalam perutnya.

Nah, buat kamu yang doyan belanja, coba deh kurangi meminta kantong plastik. Apalagi kalau hanya berbelanja sedikit. Kalau belanja banyak, coba bawa tas belanja besar dari kain yang sudah banyak dijual bebas.

Bagikan: 681 kali