OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Kanopi dan Pergola, Serupa tapi Tak Sama

13 Oktober 2023 · 1 min read Author: Dyah Saraswati

iStock_000026357729_Small

Kamu tentu tahu kanopi dan pergola, bukan? Kanopi dan pergola memang memiliki fungsi yang serupa, yakni untuk melindungi sesuatu di bawahnya.

Karena fungsi yang serupa, banyak yang menganggap kanopi sama dengan pergola. Namun, sebenarnya kanopi berbeda dengan pergola. Yang jelas, keduanya merupakan perlengkapan outdoor yang biasanya ditempatkan di atas bukaan jendela atau pintu.

Baca juga: Cermat Pilih Perlengkapan Dapur

Baik kanopi dan pergola dapat berfungsi sebagai pelindung dari terik matahari maupun air hujan. Namun, kanopi biasanya digunakan di teras depan, garasi, carport, atau di atas jendela dan pintu. Lain dengan pergola yang biasanya digunakan di halaman atau garasi.

Perbedaan paling utama antara kanopi dan pergola terletak pada strukturnya. Kanopi memiliki bentuk yang menyerupai atap, lengkung dan miring dengan rangka terbuat dari besi. Sedangkan pergola tersusun dari rusuk-rusuk sejajar, dan selang-seling berbentuk datar.

Baca juga: Cara Mudah Mengembalikan Kilau Dinding Kamar Mandi

Kanopi umumnya memiliki bagian penutup yang terbuat dari bahan terpal, kain, atau plastik polimer. Bahan-bahan lunak dipakai agar penutup kanopi bisa disesuaikan mengikuti struktur rangkanya.

Ditilik dari segi tampilan, pergola umumnya lebih menarik karena biasanya memiliki tumbuhan rambat yang menjalar dan menambah kesan asri. Sedangkan kanopi cenderung tampil rapi dan simpel karena terbuat dari bahan buatan pabrik. (Ing)


Tag: , , ,