Foto: Rumah123/Getty

Apa warna kamar tidurmu? Warna kamar tidurmu bisa mencerminkan karaktermu, kata para ahli. Apakah kamu sudah merasa nyaman dengan warna yang kamu pilih itu? Apapun warna yang kamu pilih, jika kamu merasa bermasalah dengan kualitas tidurmu, maka warna tesrebut perlu ditinjau ulang.

Saat kamu mendesain kamar tidur, jangan lupakan bahwa warna kamar tidur merupakan unsur penting. Warna kamar tidur bisa merupakan indikator yang bisa menentukan kualitas tidurmu.  Kenapa begitu?

Kalau mengutip Forbes, ruangan yang kurang redup memengaruhi otak, sehingga mengurangi produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin adalah senyawa kimia yang memunculkan rasa mengantuk.

Sedangkan hasil survei dan studi yang dipublikasikan Travelodge.co.uk, warna kamar tidur yang bikin nyenyak tidur adalah biru. Orang Inggris yang tidur di dalam kamar berdekor biru secara teratur menunjukkan kualitas tidur terbaiknya pada saat malam.

Baca juga: Warna Kamar Tidurmu Cerminkan Karaktermu

Secara ilmiah, hal tersebut bisa dijelaskan bahwa pada retina (bagian mata) ada sel-sel penerima khusus (reseptor) yang sangat peka terhadap warna biru.

"Reseptor ini memberikan informasi pada area di dalam otak kita, yang mengontrol ritme 24 jam dan memengaruhi cara kita berlaku dan merasa sepanjang hari. Interaksi antara cahaya, tidur, dan kondisi bangun sangat penting," kata ahli tidur dari Edinburgh Sleep Center, Chris Idzikowski, seperti dikutip Kompas.com.

Survei Travelodge dengan 2.000 responden menunjukkan bahwa rata-rata orang yang tidur dalam kamar berwarna biru mampu tidur selama 7 jam 52 menit. Berikut durasi tidur dari warna yang lainnya:

Kuning mencapai 7 jam 40 menit.

Hijau mencapai 7 jam 36 menit

Perak  mencapai 7 jam 33 menit

Jingga mencapai 7 jam 28 menit

Merah mencapai 6 jam 58 menit

Emas mencapai 6 jam 43 menit

Abu-abu mencapai 6 jam 12 menit

Cokelat mencapai 6 jam 5 menit

Ungu mencapai 5 jam 56 menit

Mencermati hasil studi tersebut, tak salah bila konsultan dari Colour Therapy & Holistic, desainer interio Suzy Chiazzari menyarankan agar kita peduli dekorasi kamar.

Baca juga: Inilah Warna yang Cocok untuk Ruang Tamu dan Kamar Tidur

Menurutnya, klaim bahwa biru sebagai warna yang mampu menunjang kenyamanan tidur tidaklah mengejutkan. Secara psikologis, biru memang bisa dikaitkan dengan kenyamanan.

Penggunaan warna biru pada kamar tidur mencerminkan si pemilik kamar tidur punya sifat romantis, percaya diri, dan menyenangkan. Karena warna biru merupakan warna dingin, tambahkan sentuhan warna hangat agar suasana kamar tidur semakin nyaman.

Sedangkan menurut feng shui, ruang tidur memerlukan energi yang bersifat yin (pasif), tenang, dan lembut. Energi yang bersifat yang (aktif) akan mengganggu kenyamanan tidur. Maka itu kita perlu menghadirkanlah warna yang bersifat yin (pasif), yakni warna biru tua.

Dalam feng shui juga diisebutkan bahwa warna biru adalah unsur air yang bersifat fleksibel dan mudah mengalir. Jadi, akan berwarna birukah kamar tidurmu?

Bagikan: 1937 kali